Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

PEKANBARU - Adanya isu yang beredar bahwa ada tenaga medis di Riau yang diisolasi karena diduga tertular Coronavirus (Covid -19), akibat kontak langsung dengan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Menanggapi isu tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir menjelaskan bahwa para tenaga medis tersebut tidak dilakukan isolasi. Tetapi yang dilakukan adalah pengambilan atau uji sampel darah terhadap tenaga medis tersebut.

"Saya luruskan, bahwasanya tenaga medis tersebut bukan dilakukan isolasi. Tetapi mereka (tenaga medis) itu hanya dilakukan swab (sampel darah). Baik (tenaga medis) yang kontak dengan korban saat di Puskesmas, maupun yang di rumah sakit," ungkap Mimi, Kamis (26/3/20).

Lanjutnya, pengambilan atau uji sampel terhadap tegana medis yang melakukan kontak dengan pasien positif corona, dijelaskannya sudah menjadi prosedur yang wajib dilakukan. Karena itu upaya antisipasi penyebaran wabah dari pasien positif ke manusia lainnya yang pernah berinteraksi langsung dengan korban Covid-19.

"Jadi, para tenaga medis tersebut memang harus dilakukan swab karena sudah melakukan kontak dengan pasien yang positif Covid-19. Sampai saat ini masih kami tunggu hasil tesnya,"terang Mimi. (MCR/DI)

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait