Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) mengimbau dan mengajak perusahaan besar yang beroperasi di Bumi Melayu Provinsi Riau memiliki kepedulian membantu pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat yang saat ini tengah menghadapi wabah pandemi Virus Corona (Covid-19).

“Jika selama ini mereka mengeruk triliunan rupiah dari hasil bumi Riau melalui perusahaan perkebunan kelapa sawit, hutan tanaman industri (HTI), pertambangan minyak dan gas, dan lainnya maka saat inilah mereka menunjukkan kepedulian terhadap negara dan provinsi ini yang tengah dilanda wabah," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar, di Balai Adat Melayu Riau, Kamis (26/3/2020).

Menurut Datuk Seri Syahril, mengatasi masalah wabah pandemi Virus Corona tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah, pemerintah daerah, dan tenaga medis semata, melainkan harus melibatkan semua komponen di negara ini.

"Mari bersama-sama kita berbuat sesuai peran, fungsi, dan kemampuan masing-masing untuk mengatasi wabah pandemi Virus Corona dan dampaknya. Kita berharap wabah yang melanda dunia dan negara kita ini dapat segera berakhir sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti sediakala," ujar Datuk Seri Syahril.

Menurut Datuk Seri, perusahaan besar yang beroperasi di Riau dapat membantu mereka yang terkena dampak wabah pandemi Virus Corona dan mendukung pemerintah dalam mengendalikan penyebaran pandemi Virus Corona.

“Apakah bantuan tersebut berbentuk tunai ataupun berupa barang terpulang kepada masing-masing perusahaan. Silakan, yang penting mereka peduli," kata Datuk Seri Syahril.

Menurut Datuk Seri Syahril, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pemberitaan di media massa cukup banyak rumah sakit termasuk di Provinsi Riau menipis persedian Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan, jubah pelindung yang biasa digunakan para petugas medis yang berada di garda depan penanggulangan pandemi Virus Corona.

Dia mengatakan perlu adanya ketersediaan stok makanan untuk pasien yang rentan, seperti manula, ibu hamil dan anak-anak. Selain itu, para pekerja sektor informal, fakir miskin, masyarakat tak mampu, kaum duafa, panti asuhan juga memerlukan bantuan yang mungkin berbentuk tunai, sembako atau bantuan lainnya.

Saat wabah pandemi Virus Corona ini semua dalam kesulitan. Bukan saja masyarakat, pemerintah dan pemdapun juga dalam keadaan sulit," kata Datuk Seri Syahril.

Tak lupa, ia pun mengapresiasi pemerintah, pemerintah daerah, TNI, Polri, dan berbagai pihak lainnya yang telah bekerja keras mengatasi wabah pandemi Virus Corona.

"Ucapan terima kasih dan setinggi penghargaan kepada para dokter dan petugas medis yang berada di garda terdepan dalam melawan Virus Corona. Tidak sedikit mereka gugur saat menjalankan tugas karena terinfeksi Virus Corona," ujar Datuk Seri Syahril. (Mcr/rat)

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait