Kamis, 21 Rajab 1442 H | 04 Maret 2021

PEKANBARU - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau membuka Posko Satgas Perlindungan Pekerja Buruh Dalam Pencegahan dan Penangulangan Virus Corona (Covid-19), di kantor Disnakertrans Riau jalan Pekanbaru. 

Posko tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) tentang Perlindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19. 

"Kita sudah membuka posko bagi perusahaan yang ingin melaksanakan SE Menaker silahkan perusahaan melapor ke posko," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Jonli kepada wartawan, Kamis (2/4/2020). 

Jonli mengatakan, pihaknya juga sudah membuat SE tentang pelaporan perusahaan yang melakukan pembatasan kegiatan usaha akibat kebijakan pemerintah untuk mencegah dan penanggulangan Covid-19 di Provinsi Riau. 

"Mungkin dari segi ketenagaan kerja akan mengkaji pekerjanya, atau apabila perusahaan tidak mampu dan merumahkan pekerja. Tentu soal upahnya harus sesuai dengan surat edaran, bagaimana kedua belah pihak bisa berunding. Dan kita juga siap melakukan mediasi," terangnya.

Lebih lanjut Jonli menyampaikan, sejak dibuka kemarin saat ini perusahaan yang akan melakukan kebijakan merumahkan pekerja, yakni Hapy Papi, PT Panca Eka dan beberapa yayasan pendidikan. 

"Kemudian ada dua perusahaan akan melakukan perubahan jam kerja, seperti Indah Kiat dan RAPP. Tapi sudah banyak perusahaan yang akan melapor ke posko, dan kita siap menunggu," ujarnya. 

Jonli menyatakan perusahaan yang akan menjalankan SE tersebut nantinya akan disampaikan ke Menaker. 

"Yang jelas dalam menghadapi stuasi sekarang ini, kami harus memperhatikan dan menjalankan SE Menaker itu," tukasnya. (MCR/amn)

Video

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Berita Terkait

Tim Satgas Lakukan Pemadaman di 19 Titik Karhutla

Rabu, 03 Maret 2021 | 15:40:03 WIB

Gubri Beri Solusi Masyarakat Yang Ingin Buka Lahan

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:12 WIB

Gubri Harap Riau Aman Karhutla dan Covid-19

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:11 WIB

139 Kilometer Abrasi di Riau Sudah Masuk RPJMN

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:00:09 WIB