Senin, 11 Syawwal 1441 H | 01 Juni 2020

Info

PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyampaikan bahwa permasalahan kesehatan masyarakat dan ekonomi itu sangat penting dalam kasus Coronavirus Disease 19 (Covid-19) seperti saat ini.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan video conference (vidcon) bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Riau Yan Prana Jaya, serta Pemerintah Daerah se Indonesia lainnya, Rabu (08/04/20).

Tito Karnavian menerangkan, memang krisis kesehatan yang terjadi merupakan hal yang penting. Namun pemerintah juga akan berupaya untuk mempertahankan ekonomi agar tidak merosot.

Ungkapnya, jika hanya mementingkan kesehatan, maka dikhawatirkan menyebabkan kelemahan ekonomi dan berakibat pada lemahnya kekuatan dalam menangani kasus COVID19.

"Pemerintah dan pusat sangat dilematis antara kesehatan publik dan ekonomi, semuanya penting dan semuanya harus dipertahankan," ucapnya.

Ia menambahkan, krisis ekonomi akibat COVID19 kali ini tidak kalah besar dibandingkan dengan krisis ekonomi yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Untuk itu, pemerintah diminta untuk mendorong agar industri kecil dan menengah agar terus berproduksi namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Krisis kesehatan sudah banyak memakan korban, ekonomi juga kita rasakan. Supaya bisa berjalan dengan baik, makanya UMKM harus terus kita dorong dengan memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini dunia tengah berperang melawan virus yang tidak tampak wujudnya. Oleh sebab itu, kesiapan pemerintah sangat diperlukan saat ini.

"Apapun kemungkinan akan dipersiapkan," tutupnya. (MCR/IP)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 28 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 27 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 22 Mei 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait