Senin, 11 Syawwal 1441 H | 01 Juni 2020

Info

PEKANBARU - Langkah pengawasan akan penyebaran virus Covid-19 terus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan agar virus yang saat ini menjadi momok negatif di tengah masyarakat tidak menyebar ke Bumi Melayu Lancang Kuning.

Upaya tersebut diwujudkan dengan meningkatkan pengawasan jalur masuk ke Riau. Baik melalui moda transportasi laut, darat dan udara yang dapat menjadi media penyebaran virus yang dikenal dengan sebutan Corona itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menilai, hal itu memang menjadi perhatian ekstra. Bahkan di beberapa pintu masuk sudah dilakukan pengawasan dengan mendirikan posko yang dilengkapi petugas dan peralatan medis.

“Pengawasan untuk pintu masuk ditingkatkan. Misalnya untuk moda transportasi darat, pada setiap pintu masuk sudah didirikan posko untuk memantau aktivitas keluar-masuk masyarakat antar provinsi ke Riau,” paparnya, Kamis (9/4/2020).

Dengan langkah optimalisasi pengawasan, nantinya setiap orang yang masuk akan dicatat identitas secara lengkap termasuk tujuan yang bersangkutan. Maka aktivitas pemantauan akan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.

Sementara untuk jalur udara dan jalur laut, langkah diperketat dalam hal pemeriksaan suhu tubuh dan kondisi kesehatan penumpang. Warga yang masuk ke Riau yang berstatus ODP nantinya setiap hari akan dimonitor Puskesmas.

"Diharapkan dengan langkah-langkah tersebut jumlah kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan positif di Riau tidak meningkat," pungkasnya. (MCR/mz)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 28 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 27 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 22 Mei 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait