Jumat, 20 Zulqaidah 1441 H | 10 Juli 2020

Info

PEKANBARU - Mulai hari ini (Jumat, 1/5/2020) Pelabuhan Penumpang Sri Junjungan Kota Dumai, Riau resmi ditutup oleh Pemerintah Kota (Pemko) Dumai.

Adapun penutupan pelabuhan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kota Dumai, mengingat kasus Covid-19 di kota itu meningkat cukup signifikan. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, M Taufiq OH, Kamis (29/4/2020) di Pekanbaru, membenarkan penutupan Pelabuhan Dumai tersebut.  

Taufik mengatakan, penutupan pelabuhan pelayanan penyebrangan domestik itu berdasarkan Surat Walikota Dumai Nomor 551.2/892/DISHUB, perihal Penutupan Angkutan Domestik di Pelabuhan Penumpang Bandar Sri Junjungan Kota Dumai.

"Pelabuhan Sri Junjungan Dumai mulai besok (hari ini, red) tutup. Kapan pelabuhan akan beroperasi belum diketahui sampai pemberitahuan lebih lanjut. Penutupan pelabuhan ini karena di Dumai sudah banyak kasus positif Corona ada 10 kasus," katanya.  

Dengan pelabuhan Dumai ditutup, sebut Taufiq, maka secara otomatis pelabuhan tersebut juga akan tertutup untuk kegiatan pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia. Dimana selama ini pelabuhan Dumai sebagai tempat terakhir TKI dari Malaysia sebelum kembali ke daerahnya masing-masing. 

"Makanya untuk kebijakan selanjutnya terkait kepulauan TKI dari Malaysia,  kami masih menunggu keputusan selanjutnya," ujarnya.  

Disinggung apakah masih banyak TKI yang merupakan warga Riau di Malaysia, Taufik menyatakan sesuai data yang diterima pihaknya tidak begitu lagi. 

"Jumlahnya tidak begitu banyak lagi. Kalau TKI asal Riau tinggal sedikit. Justru yang banyak TKI asal provinsi lain di Sumatera seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Kemudian ada juga dari Jambi," tutupnya. (MCR/amn)

Video

Penandatanganan Nota Kesepakatan Aplikasi Monitoring Data Bantuan Sosial

Update Covid-19 ( 8 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Update Covid-19 ( 2 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Berita Terkait