Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1442 H | 05 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
SMAN 1, Jalan Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

PEKANBARU - Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri Satu (Ikasmansa) Pekanbaru bagi-bagi 171 paket sembako. Aksi sosial ini adalah yang ke enam kalinya dilakukan sejak virus corona (Covid-19) mulai mewabah di Riau. 

171 paket sembako itu diberikan untuk pelajar dan para alumni SMAN 1 Pekanbaru yang kurang mampu serta terdampak Covid-19. Diserahkan secara simbolis oleh Sekjen Ikasmansa Pekanbaru, Herman Gazali, di halaman SMAN 1, Jalan Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Ahad (3/5/20).

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Chairul Riski menyampaikan terima kasih atas kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh Ikasmansa. Menurutnya kegiatan ini juga membantu Pemprov Riau dalam mengatasi dampak Covid-19 di Riau.

Diungkapkan Riski, bahwasanya di lingkungan Pemrov Riau banyak pejabat yang juga merupakan alumni SMAN 1 yaitu, Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution, Sekda Prov Riau Yan Prana, Kepala BKD Ikhwan Ridwan, Kepala Dinas Kesehatan, Mimi Yuliani Nazir dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Darius Husin.

“Terimakasih kepada Ikasmansa yang melakukan kegiatan sosial membantu pelajar dan warga kurang mampu yang terdampak Covid-19.” Kata Riski yang juga merupakan Alumni Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri Satu.

Sekjen Ikasmansa Pekanbaru, Herman Gazali mengatakan, sebanyak 171 paket sembako ini kita berikan kepada alumni dan para siswa SMAN 1 kurang mampu Untuk siswa ada dua kategori yang mendapatkan sembako. Mendapatkan keterangan miskin serta siswa anak yatim.

“Setiap paket bantuan, yakni berisikan beras 5 kilogram, satu kaleng sarden ukuran jumbo, minyak goreng satu liter, mie instan 10 bungkus. Diharapkan, dari bantuan tersebut minimal dapat mengurangi beban ditengah ketidakstabilan ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini,” kata Sekjen Ikasmansa Pekanbaru, Herman Gazali, Ahad (3/5/20).

"Kita tahu bagaimana dampak Covid-19 hari ini yang sama-sama kita rasakan. Mungkin orang tergolong mampu dua hulan lalu. Tapi disaat covid-19 mewabah sekarang, telah berdampak segala aspek sosial dan ekonomi. Sangat mungkin hari ini orang tersebut, terdampak dan membutuhkan bantuan itu, ya minimal mengurangi bebanlah," papar Herman. 

Herman menegaskan, pada pembagian sembako ini, panitia telah menjalankan aturan protokol kesehatan. Setiap penerima sembako yang sudah terdaftar, wajib mencuci tangan serta diukur suhu tubuhnya terlebih dahulu. 

Kemudian, penerima sembako juga harus memperhatikan social distancing (menjaga jarak) dengan mengatur waktu kedatangan ke lokasi pembagian sembako. Kemudian, penerima sembako baik pelajar mau pun alumni kurang mampu wajib memakai masker, untuk mencegah penyebaran virus yang telah membunuh ribuan orang diberbagai negara, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, Ikasmansa Pekanbaru ini juga telah melaksankaan berbagai kegiatan sosial selama pendemi Covid-19 terjadi. Mulai dari pembagian fasilitas cuci tangan dan masker di berbagai titik di Pasar Sukaramai, Pasar Bawah, Pasar Pagi Arengka, Pasar Pagi Panam, Rusunawa Rumbai. Kemudian ada juga pembagian sabun cuci tangan, hand sanitizer serta masker di Kelurahan Kampung Dalam Senapelan dan Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh. 

Pada kesempatan ini, Herman Gazali juga menyampaikan pesan Ketua Umum Ikasmansa Pekanbaru Arsadianto Rahman yang tidak bisa hadir langsung pada pembagian sembako tersebut. Meski begitu ungkap Herman, bang Anto, sapaan akrabnya, terus memberikan suport baik kepada panitia yang berupaya menggalang bantuan sosial termasuk keluarga alumni dan pelajar SMAN 1 yang menerima sembako. (MCR/MTR)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

BPBD Riau Petakan TPS Rawan Banjir

Rabu, 02 Desember 2020 | 14:16:22 WIB

BPBD Riau: Banjir Kampar Diprediksi pada Desember-Januari

Kamis, 26 November 2020 | 13:51:18 WIB