Jumat, 20 Zulqaidah 1441 H | 10 Juli 2020

Info

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Ahyu Suhendra

PEKANBARU- Dinas Pendidikan (Disdik) Riau menyayangkan beredarnya foto-foto perayaan kelulusan siswa SMAN 1 Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dengan coretan di pakaian bergambar vulgar di media sosial (Medsos).

Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengaku sudah mengetahui dan sudah mendapatkan laporan terkait adanya aksi coret-coret baju oleh siswa di Riau yang viral di media sosial."Iya benar. Itu siswa SMA Negeri 1 Kunto Darusalam, Rokan Hulu," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Ahyu Suhendra, Senin (4/5/20) di Pekanbaru.

Ahyu memaparkan, di sekolah tersebut sebenarnya sudah mematuhi surat edaran dari dinas pendidikan Riau dalam hal teknis pengumuman kelulusan siswa. Pengumuman kelulusan dilakukan di malam hari secara online.

"Sekolah tidak ada mengarahkan atau menyetujui aksi coret-coret kelulusan. Jadi itu murni kegiatan yang diambil oleh siswa tersebut,"tegasnya.

Sementara saat disinggung terkait sanksi apa yang akan diberikan kepada siswa yang melakukan kegiatan tidak senonoh tersebut pihaknya menyerahkan kepada pihak sekolah. Namun sejak kasus ini viral, siswa yang ikut dalam kegiatan tersebut sudah meminta maaf.

"Mereka sudah minta maaf, ini akibat euforia mereka saja dalam merayakan kelulusanya. Itu yang kita sayangkan. Padahal surat dari dinas sudah jelas, bahkan dalan surat itu kita juga meminta orang tua untuk mengawasi anak-anaknya,"jelas Ahyu.

Seperti dikethui, Warganet dihebohkan dengan bentuk gambar coretan di baju seragam para siswa yang tengah merayakan kelulusannya itu. Ada satu foto siswi yang di rok bagian belakangnya digambar seperti alat kelamin laki-laki.

Pada foto-foto lainnya juga terlibat coretan-coretan vulgar lainnya. Foto viral tersebut kemudian diketahui oleh Kemendikbud.

Melalui akun Twitternya Itjen Kemendikbud, institusi tersebut akan menelusuri asal sekolah para siswa itu. Selanjutnya, Kemendikbud akan berkoordinasi melalui dinas pendidikan setempat. (MCR/NOR)

Video

Penandatanganan Nota Kesepakatan Aplikasi Monitoring Data Bantuan Sosial

Update Covid-19 ( 8 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Update Covid-19 ( 2 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Berita Terkait