Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021

DUMAI - Gubernur Riau Anas Makmun dijadwalkan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2014 di Kota Dumai, yang akan dimulai hari ini, Rabu.

Sebelumnya, panitia menyampaikan bahwa pembukaan Rakernas Apeksi akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, namun terakhir dinyatakan dilakukan oleh Gubri yang direncanakan pada pukul 09.00 WIB.

Rakernas yang dihadiri 83 walikota di seluruh Indonesia ini akhirnya resmi dibuka Gubri pada pukul 11.00 WIB dan mengalami keterlambatan selama 2 jam dari jadwal semula, bertempat di ballroom Hotel Comfort Dumai.

Pantauan, pembukaan Rakernas Apeksi diawali dengan penampilan tari persembahan berciri khas melayu yang dipentaskan penari Dumai. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mers Apeksi dan Mers Kota Dumai.

Walikota Dumai H Khairul Anwar mengatakan, seyogyanya pembukaan Rakernas Apeksi akan dilakukan Menteri, namun dikarenakan kegiatan pemerintahan di tempat lain, sehingga ditunjuk pejabat setingkan Dirjen untuk hadir ke Dumai.

"Akhirnya kita mendapat kesediaan Gubernur Riau untuk membuka kegiatan ini," katanya kepada pers di Dumai, Rabu.

Sementara, Panitia Rakernas APEKSI tingkat kota Dumai Afrilagan, mengakui dalam proses pembukaan masih terdapat beberapa kendala dan kekurangan, namun sejauh ini telah ditangani dengan baik.

Pihaknya juga sudah mengupayakan maksimal kebutuhan akomodasi dan transportasi yang dibutuhkan para tamu undangan dengan menyiapkan puluhan armada kendaraan serta ratusan kamar di sejumlah hotel, perumahan perusahan dan warga setempat.

"Penginapan untuk pejabat walikota atau yang mewakili akan digratiskan, sedangkan bagi tamu pendamping tidak bisa digratiskan sehingga diberdayakan rumah warga lokal," terangnya.

Usai pembukaan Apeksi ini, dijadwalkan gelaran pawai andam budaya yang akan menampilkan kesenian dan kebudayaan 54 daerah yang menjadi peserta. Pawai dilakukan dengan berjalan kaki sembari menampilkan seni dan budaya masing-masing. (MC Riau/ar)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB

Tahun Ini DLHK Riau Bangun 100 Sekat Kanal di Tiga Daerah

Kamis, 16 September 2021 | 21:24:06 WIB

Gubri Harap Penggawa Melayu Riau Jaga Marwah Negeri

Kamis, 16 September 2021 | 13:28:33 WIB