Ahad, 16 Zulhijjah 1442 H | 25 Juli 2021

DUMAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Riau menerima bantuan dana hibah dari pemerintah kota setempat dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli dengan anggaran sekitar Rp 400 juta.

"Hibah dari pemerintah daerah ini berdasarkan usulan kita sebesar hampir mencapai Rp 1 miliar, dan diakomodir dalam anggaran pendapatan dan belanja sekitar lebih kurang Rp 400 juta," katanya di Dumai, Kamis (22/5).

Dijelaskan, dana tambahan ini akan diperuntukkan mendukung seluruh kegiatan persiapan Pilpres 2014, seperti transportasi, pembenahan kantor dan kebutuhan kendaraan operasional petugas penyelenggara.

"Dana ini akan digunakan sesuai kebutuhan sebagai penunjang penyelenggaraan Pilpres diluar penganggaran yang sudah disediakan KPU Pusat, termasuk," ungkapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) lalu dan Pilpres mendatang, KPU Dumai menerima anggaran sebesar Rp 14 miliar dari KPU Pusat untuk digunakan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan.

Kendati belum dapat merinci serapan anggaran pada saat penyelenggaraan Pileg 9 April lalu, namun dia optimis sisa dana masih cukup untuk pelaksanaan Pilpres mendatang.

"Kita sangat yakin sisa anggaran masih cukup untuk persiapan dan penyelenggaraan pemilu presiden, dan KPU akan menggunakan secara rasional efektif sesuai ketentuan," ujarnya.

Disamping itu, jelang pelaksanaan Pilpres, KPU saat ini tengah fokus mempersiapkan daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran (DPSHP) yang akan difinalkan oleh KPU pusat.

"Saat ini masih tahapan penyusunan pemilih sementara yang akan ditetapkan final pada 7 hingga 9 Juni depan oleh komisioner KPU," ungkapnya. (MC  Riau/ar)

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB

Kapolda dan Gubernur Riau Tinjau Posko PPKM di Dumai

Selasa, 15 Juni 2021 | 10:18:28 WIB