Senin, 19 Rabiul Awwal 1443 H | 25 Oktober 2021
BPS Provinsi Riau Berkomitmen Wujudkan WBK dan WBBM

PEKANBARU - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau Misfaruddin mengatakan bahwa Zona integritas menunjukkan semangat dalam pemberantasan dan pencegahan tindak pidana korupsi serta predikat bagi instansi pemerintah yang berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

"Walaupun ini predikat atau penghargaan tapi bagi kami, WBK dan WBBM adalah kewajiban, sehingga integritas pegawai menjadi Best Practise dalam proses pembangunan perstatistikan," kata saat Misfaruddin saat memberi sambutan pada acara Pencanangan Pembangunan Zona Itegritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah Birokrasi Bersih dan melayani di aula BPS Provinsi Riau, Jumat (12/06/2020).

Tambahnya pencanangan ini merupakan langkah awal yang diulang kembali, dalam melaksanakan Pembangunan Zona Integritas dan dalam rangka memenuhi syarat penilaian disamping syarat-syarat lainnya seperti opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

"Alhamdulillah, BPS Provinsi Riau sudah meraih nilai BB (Sangat Baik), serta prestasi-prestasi lainnya yang mendukung dan semua ini merupakan upaya seluruh jajaran BPS Provinsi Riau dalam mewujudkan Birokrasi yang bersih dan melayani," kata Misfaruddin.

Lanjunya BPS Provinsi Riau dalam membangun Zona Integritas dilakukan melalui berbagai perubahan dan perbaikan sehingga pembangun zona integritas berarti membangun sistem, membangun manusia, dan membangun budaya.

"Membangun sistem adalah dengan membangun berbagai Instrument, Proses Bisnis, SOP, dan peraturan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi atau perbuatan tercela lainnya dan membangun manusia berarti membangun mindset aparatur BPS untuk enggan, malu, dan merasa bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan tindakan tercela lainnya," tutur Misfaruddin.

Tambahnya proses membangun mindset tidaklah mudah, karena ada juga ditemukan keengganan, selain itu pula diperlukan waktu yang tidak singkat dengan pembiasaan yang terus-menerus. 

"Tapi kami tidak pernah berhenti untuk berusaha dalam membangun zona integritas ini dan keikutsertaan BPS Provinsi Riau dalam penilaian instansi berpredikat WBK merupakan salah satu bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna data statistik," tegasnya

Lanjutnya Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM bukanlah awal dari segalanya tapi menjadi momentum ulang bagi BPS Provinsi Riau untuk melakukan berbagai perbaikan dan inovasi.

"Kami ingin menyampaikan bahwa apa yang sedang kita lakukan ini adalah dalam upaya membangun kesalehan institusional seperti halnya kesalehan individual yang kita bangun dalam rumah tangga kita," tuturnya

BPS Provinsi Riau tidak akan bertoleransi terhadap semua bentuk korupsi dan juga mohon dukungan penuh dari seluruh stakeholder untuk dapat merealisasikan komitmen tersebut dengan penuh integritas dan mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. 

"Kami akan terus melakukan perbaikan perbaikan untuk BPS yang professional, berintegitas dan amanah (PIA) sesuai dengan core value BPS dan selanjutnya, BPS Provinsi Riau mengharapkan adanya kritik dan saran dari para stakeholder agar pelayanan BPS Provinsi Riau semakin prima serta kritik dan saran dapat disampaikan melalui media pengaduan masyarakat yang telah disediakan BPS Provinsi Riau," tutupnya. (MCR/SEM)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Evaluasi APBD P 2021 Pemprov Riau Masih di Kemendagri

Ahad, 24 Oktober 2021 | 14:03:16 WIB

Realisasi Dana Desa di Riau Capai Rp974,04 Miliar

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:40:58 WIB

244 Pelamar PPPK Pemprov Riau Ikuti Seleksi Kompetensi

Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:54:08 WIB

Seleksi Kompetensi PPPK Pemprov Riau Dimulai

Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:35:07 WIB

Gubernur Riau Siap Dorong Pembangunan Desa Wisata

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:04:39 WIB

10 Kabupaten di Riau PPKM Level 3

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18:34 WIB