Senin, 12 Jumadil Akhir 1442 H | 25 Januari 2021
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir

Pekanbaru-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan edaran jadwal proses belajar mengajar untuk tahun 2020, yang akan dimulai pada awal Juli mendatang, dimasa pandemi covid-19. Untuk proses belajar mengajar langsung tatap muka hanya diperbolehkan bagi daerah yang masuk zona hijau.

Sedangkan untuk daerah yang masih masuk dalam zona Kuning dan Merah, belum diperbolehkan proses belajar mengajar dengan sistem langsung tatap muka. Tetapi tetap menjalankan proses belajar mengajar dengan daring. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, menjelaskan, sesuai dengan arahan pemerintah melalui Kemendikbud, telah menyatakan pembukaan sekolah untuk daerah zona hijau. Dimana proses belajarnya dilakukan melalui tiga tahap dengan jeda waktu selama dua bulan.

“Kementrian pendidikan telah membuka sekolah yang dimulai pada bulan Juli, yang diperbolehkan sekolah langsung tatap muka hanya daerah zona hijau. Denga tetap menerapkan protokol kesehata yang sangat ketat, dan ada izin dari pemerintah setempat untuk membuka sekolah,” ujar Mimi Yuliani Nazir, Selasa (16/6).

“Selanjutnya bagi orangtua yang tidak mengizinkan anaknya sekolah. Tidak boleh memaksa anak sekolah jika orangtua tidak mengizinkan. Syaratnya tetap daerah yang zona hijau, dan proses belajar mengajarnya bertahap, mulai dari tingkat SMA/SMK, setelah dua bulan selanjutnya tingkat SMP, dan selanjutnya baru tingkat SD dan PAUD,” jelas Mimi lagi.

Untuk di Provinsi Riau sendiri, zona hijau hanya tinggal Kabupaten Rokan Hilir, dimana sebelumnya Kuantan Singingi juga masuk zona hijau. Namun dikarenakan dalam beberap hari ini terkonfirmasi kasus pasien positif di Kuansing, maka Kuansing tidak lagi masuk zona hijau.

“Informasi terakhir zona hijau itu Rohil dan Kuansing. Sekarang hanya tinggal Rohil yang zona hijau, dan boleh melaksanakan proses belajar mengajar dengan tatap muka langsung. Tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan, jarak siswa didalam kelas diatur, memakai masker, mengumur suhu tubuh siswa, menyediakan tempat cuci tangan, dan memperseingkat belajar,” jelas Mimi. (MCR/JI)

Video

Penyuntikan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Riau

Wakil Gubernur Riau Pimpin Rakor Bahas Rencana Vaksin Covid-19 dan Pengetatan Prokes

Wakil Gubernur Riau Hadiri Rapat Penanganan Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi

Berita Terkait

Gubri Bersama Danrem 031/WB Hadiri Panen Raya Padi di Rohil

Kamis, 10 September 2020 | 20:34:13 WIB

Mahasiswa Unri Buka Pos Penjagaan Covid-19 di Pedesaan Rohil

Sabtu, 05 September 2020 | 10:31:16 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Rohil Jadi 34 Kasus

Selasa, 04 Agustus 2020 | 20:14:23 WIB

Tambah 18 Kasus Positif Covid-19 Rohil Masuk Zona Merah

Senin, 03 Agustus 2020 | 18:27:57 WIB

Pecah Telor, 1 Warga Rokan Hilir Positif Virus Corona

Selasa, 21 Juli 2020 | 20:23:52 WIB

Gubri Harapkan Rokan Hilir Pertahankan Zona Hijau

Selasa, 23 Juni 2020 | 11:17:14 WIB