Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1442 H | 05 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
Sekda Provinsi Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid

PEKANBARU – Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya Serma Rama Wahyudi di Kongo. Saat itu, Serma Rama sedang dalam tugas mulia, sebuah misi perdamaian, MONUSCA di Republik Demokratik Kongo.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun, kita semua berduka atas gugurnya Serma Rama saat menjalankan tugas mulia dalam misi perdamaian di Republik Kongo,” kata Yan, Rabu (24/6).

Yan mengatakan, Indonesia khususnya Riau kehilangan salah satu prajurit terbaik yang mengemban tugas mulia. Dia juga mengutuk keras aksi penyerangan terhadap pasukan keamanan PBB yang sedang bertugas.

“Penyerangan terhadap prajurit TNI dan pasukan perdamaian PBB di Kongo itu tidak dibenarkan, apapaun alasannya,” kata Yan.

Yan akan berkordinasi dengan Korem Wirabima 031 Pekanbaru, terkait kepulangan prajurit tersebut. Dia juga akan menghadiri pemakaman Serma Rama di Taman Makam Pahlawan Pekanbaru, jika jenazah sudah tiba.

“Pak Danrem Brigjen Syech Ismed menyampaikan Serma Rama akan dimakamkan di TMP Pekanbaru,” ucap Yan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, seorang prajurit TNI pasukan pemelihara perdamaian Indonesia gugur saat bertugas dalam misi perdamaian di Kongo. Misi itu bernama Misi MONUSCO, Republik Demokratik Kongo, Rama berasal dari satuan Detasemen Peralatan 14 Pekanbaru Komando Distrik Militer I Bukit Barisan.

“Pemakaman akan kita laksanakan di TMP (Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru) karena beliau gugur sebagai pahlawan," ujar Komandan Korem 031 Wirabima Pekanbaru, Brigjen TNI M Syech Ismed, Rabu (24/6).

Ismed menyebutkan, pihaknya masih menunggu kedatangan jenazah Serma Rama Wahyudi. Namun, Ismed belum bisa memastikan kapan jenazah akan dipulangkan.

"Kita masih menunggu dari PMPP (pusat misi pemeliharaan perdamaian). Mungkin dalam beberapa hari ke depan,” jelasnya.

Ismed menyampaikan, Kodam I Bukit Barisan akan menaikkan pangkat kepada Serma Wahyudi. Saat ini, pengajuan kenaikan pangkat telah dilakukan ke Mabes TNI AD.

Sebelumnya, Menlu Retno menyampaikan melalui akun twitter resminya, bahwa seorang anggota pasukan pemelihara perdamaian Indonesia yang bertugas di Misi MONUSCO, Republik Demokratik Kongo dilaporkan meninggal dunia, Selasa (23/6).

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada Alm. Serma Rama Wahyudi atas pengabdiannya dalam menjaga perdamaian dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan,” tulis Retno. (MCR/ASN). 

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Danrem 031/WB Doakan Gubri dan Keluarga Segera Sembuh

Sabtu, 05 Desember 2020 | 13:52:43 WIB

Pertanian dan Perikanan Mampu Hidupkan Perekonomian

Jumat, 04 Desember 2020 | 22:21:16 WIB

Produksi Magot di Riau Akan Jadi Industri Terbesar di Dunia

Jumat, 04 Desember 2020 | 22:07:10 WIB

Produksi Padi Riau Akan Meningkat 16.66 Persen

Jumat, 04 Desember 2020 | 18:30:18 WIB

Asisten I Setdaprov Riau Hadiri Pelantikan KMDT DPW Riau

Jumat, 04 Desember 2020 | 17:42:08 WIB

Menteri Pertanian Doakan Gubri Cepat Sembuh

Jumat, 04 Desember 2020 | 17:30:14 WIB