Ahad, 16 Zulhijjah 1442 H | 25 Juli 2021
Jubir Ungkap 3T Strategi Antisipasi Penyebaran Covid-19
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan (GTP) Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi

Jubir Ungkap 3T Strategi Antisipasi Penyebaran Covid-19

 

 

PEKANBARU- Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan (GTP) Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi mengungkapkan strategi dalam memutus mata rantai penyebaran Corona.

"Strategi untuk Covid-19 itu adalah 3 T, yaitu, tracing, testing dan treatment. Hanya itu,"kata Yovi, Sabtu (27/6/20) di Pekanbaru

Menurut Yovi, tracing merupakan langkah yang harus dilakukan dengan proses pelacakan terhadap riwayat perjalanan atau orang-orang yang bersentuhan langsung dengan pasien positif awal. Sementara testing, menemukan pasien positif dengan melakukan tes seperti rapid test dan tes swab.

"Terakhir baru treatment. Yaitu memberikan perawatan kepada pasien positif yang ditemukan berdasarkan hasil tracing atau testing,"terangnya.

Oleh karena itu lanjut Yovi, tiga langkah (3T-red) strategi itu merupakan cara ampuh mengantisipasi penyebaran Covid-19. Ketiga proses itu pun sebut Yovi, tidak boleh dilewatkan.

"Tidak bisa keluar dari proses 3T ini. Nah seandainya salah satunya kosong, tidak bisa. Karena semuanya satu jalan,"tutur Yovi.

Dijelaskan Yovi, tracing akan sia-sia apabila tidak dilanjutkan dengan testing. Karena testing sangat penting dilakukan untuk menentukan seseorang positif atau negatif Covid-19.

Sebab itu sambung Yovi, sangat penting untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya testing itu. Baik dilakukan secara rapid test atau swab (MCR /NOR).

Video

Gubernur Riau Serahkan Bantuan Beras PPKM Secara Simbolis di Kota Pekanbaru

Semarak Takbir Pemerintah Provinsi Riau

Gubernur Riau Bagikan Bantuan PPKM 2021 Door To Door Di Kelurahan Cinta Raja

Berita Terkait

92 Truk Ditilang Selama Tiga Hari Razia Tim Gabungan

Jumat, 23 Juli 2021 | 19:28:32 WIB