Kamis, 19 Zulqaidah 1441 H | 09 Juli 2020

Info

PEKANBARU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger sebut Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pelalawan sudah berhasil diatasi. 

Pemadaman Karhut di daerah Pelalawan tersebut juga dilakukan oleh Satgas udara. Dimana, sebanyak dua helikopter BNPB jenis Sikorsky dikerahkan untuk membantu pemadaman dari udara.

"Saat ini lokasi sudah dapat dikendalikan. Tim darat terus berupaya melakukan pemadaman, dan saat ini dalam tahap pendinginan," kata Edwar, usai melakukan peninjauan menggunakan helikopter, Senin (29/6/20).

Satuan Tugas (Satgas) darat terdiri dari TNI Polri, BPBD Riau, Manggala Agni termasuk dunia usaha bersama-sama dengan masyarakat peduli api terus berjibaku dalam berapa hari terakhir. Bahkan sebut Edwar, upaya itu kini dalam tahap pendinginan di lokasi tersebut. 

Edwar sendiri bersama satgas dan LO BNPB langsung meninjau lokasi menggunakan helikopter patroli BNPB. Peninjauan itu untuk memastikan proses pemadaman Karhutla tersebut. Ada pun luasan lahan yang tebakar sedang dilakukan investigasi  tim satgas darat dan Gakkum di lapangan.

Selain itu, pada hari ini helikopter jenis Kamov juga dikerahkan melakukan pemadaman di wilayah Dumai. Helikopter milik Sinar Mas Superpuma juga dikerahkan di kawasan itu.

"Heli dari dunia usaha juga turut membantu pemadaman Karhutla. Kita berharap, sinergitas ini sebagai kekuatan kita dalam menanggulangi Karhutla," ungkap Edwar.(MCR/mtr)

Video

Update Covid-19 ( 2 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Updet Covid-19 ( 1 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Update Covid-19 (29 Juni 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait