Kamis, 17 Zulhijjah 1441 H | 06 Agustus 2020

Info

PEKANBARU - Dinas Kelautan dan Perikanan mulai tahun ini melakukan pemetaan potensi budidaya perikanan di Riau. Hal tersebut dilakukan agar  pengembangan sektor perikanan ini fokus disetiap daerahnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Riau, Herman mengatakan, disetiap kabupaten di Riau yang memiliki potensi pengembangan perikanan. Mulai tahun ini sudah dipetakan sektor apa yang akan dikembangkan.

"Untuk di Kabupaten Kepulauan Meranti, sudah dipetakan bahwa lokasi ini cocok untuk budidaya jenis ikan kakap putih dan bawal bintang. Indragiri Hilir adalah kepiting, Rokan Hilir itu adalah kerang darah Kampar adalah ikan patin dan Kuantan Singingi adalah ikan nila," kata Herman, Jumat (3/7/2020).

Dengan sudah adanya potensi pengembangan sektor perikanan disetiap daerah tersebut, kedepannya pihaknya hanya akan fokus pada sektor tersebut saja. Atau dengan kata lain, tidak terlalu banyak komoditi disetiap daerahnya sehingga tidak terfokus.

"Karena kalau terlalu banyak komoditi, dikhawatirkan tidak akan berjalan. Jadi kami akan fokus saja," ujarnya.

Dijelaskan Herman, memang tidak semua daerah mendapatkan bantuan untuk budidaya perikanan tersebut. Karena ada juga daerah yang mendapatkan bantuan untuk penangkapan ikan.

"Untuk tahun 2020 ini, kami ada dua kegiatan. Pertama bantuan alat penangkapan dan yang kedua bantuan budidaya. Jadi daerah yang tidak dapat bantuan budidaya, mendapatkan bantuan alat tangkap ikan berupa kapal dan peralatan lainnya," jelasnya. (MCR/MS) 

Video

Ucapan Dan Harapan Masyarakat Provinsi Riau Bersempena Hari Jadi Provinsi Riau Ke-63

Gubernur Corner (1 Agustus 2020)

Swab Massal Kantor Gubernur

Berita Terkait