Kamis, 17 Zulhijjah 1441 H | 06 Agustus 2020

Info

PEKANBARU - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Herman Mahmud menyampaikan pada tatanan normal baru atau New Normal Covid-19, Dinas Kelautan dan Perikanan Riau saat ini membuat 2 prioritas kinerja yaitu membangun dibidang budi daya dan sektor penangkapan. Hal ini diungkapkannya saat pers konfrensi pers di Posko Gugus Tugas Covid-19 Riau, Jumat (03/07/2020).

"Di sektor budi daya ini, kami telah melakukan pemetaan pembangunan budi daya perikanan. Pertama, untuk budi daya laut, yaitu pembangunan keramba jaring apung di Kabupaten Kepulauan Meranti, yang untuk memiliki ikan kakap putih dan bawal bintang," katanya.

Kemudian, kinerja Dinas Perikanan juga untuk pengembangan udang paname di Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Dumai, serta Kabupaten Rokan Hilir.

Lanjutnya, Herman mengatakan, kemudian untuk budi daya kerang darah yang dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hilir, Bagan Siapa-Api yang sesuai dengan lokasi yang baik. 

"Untuk budi daya kepiting, kita fokuskan di daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Tembilahan. Dan untuk budi daya ikan darat yaitu kami telah memfokuskan di daerah Kabupaten Kampar yaitu sebagai sentral ikan patin, juga untuk ikan nila di Kabupaten Kuantan Singingi," ujarnya.

Herman menjelaskan, untuk pengembangan budaya ikan tangkap atau penangkapan ikan di Provinsi Riau. Diketahui, ada 7 Kabupaten yang mempunyai potensi perikanan laut yaitu, Rohil, Bengkalis, Dumai, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Inhil dan Siak.

"Ini semuanya kita plotkan, dan setiap tahunnya kita berikan bantuan kepada masyarakat kapal-kapal nelayan," jelasnya

Tambahnya, Herman mengungkapkan, hari ini ada isu yang berkembang yaitu konflik nelayan yang terjadi di Bagansiapiapi, dan ada tiga konflik diantaranya, konflik ilegal fishing atau datangnya kapal dari luar negara yang masuk ke wilayah Riau, konflik tentang bubutiang atau alat tangkap statis yang ditancapkan di perairan, dan konflik tentang kerang darah. (MCR/AQB)

Video

Ucapan Dan Harapan Masyarakat Provinsi Riau Bersempena Hari Jadi Provinsi Riau Ke-63

Gubernur Corner (1 Agustus 2020)

Swab Massal Kantor Gubernur

Berita Terkait