Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1442 H | 05 Desember 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
Kepala BPBD Riau H Edwar Sanger

PEKANBARU-Pemprov Riau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meminta bantuan pemerintah pusat untuk segera mengirimkan pesawat yang biasa digunakan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Kita sudah minta bantu kepada BNPB untuk TMC. Karena pesawat Cassa yang biasa dipakai untuk menabur garam itukan sekarang ada di kalimantan. Kita berharap itu bisa segara dikirim ke Riau agar kita bisa segara melakukan TMC,"kata Kepala BPBD Riau H Edwar Sanger, Jumat (3/7/20) di Pekanbaru.

Edwar mengakui, TMC ini sangat berguna dalam mengantisipasi Karhutla. Cara ini juga dinilai efektif mencegah Karhutla seperti tahun lalu.

Bahkan sambung Edwar, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) mengapresiasi upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau. Dengan adanya sinergisitas yang baik antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah upaya pencegahan Karhutla di Riau tahun ini lebih baik jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Dalam rapat bersama Menko Polhukam kemarin Riau juga dianggap baik dalam penanganan Karhutla, karena tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Tapi kewaspadaan tetap harus kita tingkatkan, kita tidak boleh lengah,"jelasnya.

Menurutnya, jika dibandingkan tahun sebelumnya, tahun 2020 ini memang sedikit lebih baik dalam pencegahan terjadi Karhutla.Terbukti hingga saat ini belum ditemukan ada Karhutla yang membesar dan meluas seperti tahun sebelumnya.

Meski sempat ada temuan Karhutla di beberapa kabupaten, namun saat ini sudah padam dan hanya tinggal pendinginan saja. Seperti kebakaran lahan yang terjadi beberapa hari lalu di Pelalawan. (MCR /NOR)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

BPBD Riau Petakan TPS Rawan Banjir

Rabu, 02 Desember 2020 | 14:16:22 WIB

BPBD Riau: Banjir Kampar Diprediksi pada Desember-Januari

Kamis, 26 November 2020 | 13:51:18 WIB