Ahad, 29 Sya'ban 1442 H | 11 April 2021

PEKANBARU - Kementrian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengapresiasi Pemerintah Provinsi Riau dan Satgas dalam melakukan antisipasi sejak dini terhadap pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau.  Sejauh ini Pemprov Riau sudah melakukan sejumlah upaya dan strategi dalam mencegah terjadinya Karhutla. 

"Diantaranya dengan melibatkan semua unsur. Jadi Pentahelik itu sudah diterapkan," kata Asisten Deputi (Asdep) Pengurangan Resiko Bencana, Kementrian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Iwan Eka Septiawan usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) peningkatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana Karhutla di Riau, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, BMKG Riau juga sudah menyatakan bahwa 40 persen curah hujan di Riau berada dibawah normal. Sehingga nanti BPPT dalam waktu dekat akan segera melakukan modifikasi cuaca.

"Sebelumnya sudah dilakukan diawal tahun, sampai Mei. Nanti TMC akan dilanjutkan lagi Juli sampai Agustus," katanya.

Kemudian antisipasi lainya yang sudah dilakukan oleh Satgas Karhutla Riau adalah dengan menurunkan pasukan TNI, Polri dalam melakukan pencegahan.

"Secara keseluruhan sudah bagus, mudah-mudahan cuaca di Riau tidak terlalu kering. Sehingga nanti perlu dilakukan TMC lagi untuk pembasahan lahan agar tidak terjadi Karhutla yang lebih luas lagi," ujarnya.

Pihaknya dari Kemenko PMK siap memfasilitasi ditingkat pusat jika memang nanti sudah kondisi Karhutla di Riau sudah dalam kondisi tanggap darurat.

"Untuk koordinasi dan bantuan masker dan lainya yang terkait dengan Kementrian kesehatan, kemudian terkait dengan jadwal sekolah yang diliburkan di Kementrian Pendudukan, di Kementrian Sosial terkait dengan bantuan dukungan Tagana dan beras, itu bisa dilibatkan untuk mendukung penanggulangan Karhutla," katanya. (MCR/SA)

Video

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Gubernur Riau Tinjau Pelaksanaan Belajar Tatap Muka Terbatas Kota Pekanbaru

Berita Terkait

Kearifan Lokal Diharapkan Jadi Sarana Edukasi 

Ahad, 11 April 2021 | 18:28:21 WIB

KITB dan KIT Masuk Program Strategis RPJMN

Jumat, 09 April 2021 | 16:58:00 WIB

Bertambah , Calon Sekdaprov Riau Sudah 4 Orang

Jumat, 09 April 2021 | 10:24:00 WIB

Danrem Resmikan Pembangunan Wisma Korem 031/WB

Kamis, 08 April 2021 | 21:33:41 WIB

Pj Sekdaprov Riau Berikan Semangat Kepada Muslimat NU

Kamis, 08 April 2021 | 15:24:07 WIB

Kadis LHK Riau Beri Bantuan Anak Yatim dan Cendramata

Rabu, 07 April 2021 | 18:49:27 WIB

Wagubri: Oknum Penimbun Bapok Harus Ditindak Tegas

Rabu, 07 April 2021 | 15:27:49 WIB