Ahad, 14 Rabiul Akhir 1442 H | 29 November 2020

PEKANBARU - Kementrian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengapresiasi Pemerintah Provinsi Riau dan Satgas dalam melakukan antisipasi sejak dini terhadap pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau.  Sejauh ini Pemprov Riau sudah melakukan sejumlah upaya dan strategi dalam mencegah terjadinya Karhutla. 

"Diantaranya dengan melibatkan semua unsur. Jadi Pentahelik itu sudah diterapkan," kata Asisten Deputi (Asdep) Pengurangan Resiko Bencana, Kementrian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Iwan Eka Septiawan usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) peningkatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana Karhutla di Riau, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, BMKG Riau juga sudah menyatakan bahwa 40 persen curah hujan di Riau berada dibawah normal. Sehingga nanti BPPT dalam waktu dekat akan segera melakukan modifikasi cuaca.

"Sebelumnya sudah dilakukan diawal tahun, sampai Mei. Nanti TMC akan dilanjutkan lagi Juli sampai Agustus," katanya.

Kemudian antisipasi lainya yang sudah dilakukan oleh Satgas Karhutla Riau adalah dengan menurunkan pasukan TNI, Polri dalam melakukan pencegahan.

"Secara keseluruhan sudah bagus, mudah-mudahan cuaca di Riau tidak terlalu kering. Sehingga nanti perlu dilakukan TMC lagi untuk pembasahan lahan agar tidak terjadi Karhutla yang lebih luas lagi," ujarnya.

Pihaknya dari Kemenko PMK siap memfasilitasi ditingkat pusat jika memang nanti sudah kondisi Karhutla di Riau sudah dalam kondisi tanggap darurat.

"Untuk koordinasi dan bantuan masker dan lainya yang terkait dengan Kementrian kesehatan, kemudian terkait dengan jadwal sekolah yang diliburkan di Kementrian Pendudukan, di Kementrian Sosial terkait dengan bantuan dukungan Tagana dan beras, itu bisa dilibatkan untuk mendukung penanggulangan Karhutla," katanya. (MCR/SA)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

BPBD Riau: Banjir Kampar Diprediksi pada Desember-Januari

Kamis, 26 November 2020 | 13:51:18 WIB

Wagubri Serahkan PGRI Award untuk Guru Guru Berprestasi 

Kamis, 26 November 2020 | 13:48:34 WIB

Gubri: Pemprov Riau Akan Mempercepat Proses Tender Proyek

Rabu, 25 November 2020 | 13:22:57 WIB

Dalam Catatan BPBD Riau, 3 Daerah di RiauTerpapar Banjir

Selasa, 24 November 2020 | 12:13:07 WIB

BPBD Riau: Banjir di Pelalawan Terus Dipantau

Ahad, 22 November 2020 | 18:34:21 WIB

Petugas Bandara SSK II Temukan 6.594 Butir Ekstasi

Sabtu, 21 November 2020 | 19:10:26 WIB