Kamis, 8 Zulqaidah 1442 H | 17 Juni 2021
BPDB Riau Dapat Bantuan Alat Monitoring Karhutla Dari BNPB
Kepala pelaksana BPBD Riau Edward Sanger

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, mendapatkan bantuan alat canggih dalam memonitor Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Alat bernama Mondopet tersebut dapat terintegrasi dengan berbagai pihak, serta bisa menampilkan titik hotspot, lokasi keberadaan petugas terdekat serta titik air yang bisa dijangkau.

Kepala pelaksana BPBD Riau Edward Sanger mengatakan, alat Mondopet tersebut merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dimana, pihak BPBD Riau mengajukan bantuan alat tersebut pada 2017 lalu, dan baru terealisasi secara maksimal pada 2020.

"Jadi kami ajukan bantuan alat tersebut pada 2017 lalu, alhamdulillah baru pada 2020 ini, alat tersebut bisa digunakan secara maksimal untuk melakukan pemantauan terhadap Karhutla di Riau," kata Edward Sanger, Kamis (9/7/2020).

Dengan adanya alat tersebut, lanjut Edward, pihaknya bisa memonitor secara langsung jika terdapat titik hotspot di Riau. Kalau ditemukan ada titik hotspot, maka pihaknya juga bisa langsung mengetahui petugas mana yang paling terdekat dari lokasi, baik itu kantor kepolisian sektor, koramil atau juga kantor BPBD setempat.

"Jadi bisa langsung kita informasikan langsung ke petugas terdekat untuk menuju lokasi guna melakukan pemadaman. Melalui alat tersebut, juga bisa dicek sumber air terdekat berikut ketersediaan airnya," jelasnya. (MCR/MS) 

Video

Gubernur Riau Terima Bantuan Untuk PON XX Papua 2021

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

Curah Hujan Mulai Berkurang, Riau Masuk Musim Kemarau

Selasa, 15 Juni 2021 | 15:38:17 WIB

Harga TBS Pekan Ini Rp2.361,59 per Kg

Selasa, 15 Juni 2021 | 12:16:14 WIB