Jumat, 22 Rajab 1442 H | 05 Maret 2021
Rohil Zona Hijau, Jubir Covid-19 Sebut Hasil Pemeriksaan Swab yang Dikirim Hasilnya Negatif

PEKANBARU - Hingga kini Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) masih masuk dan satu-satunya kabupaten kota di Riau yang zona hijau dari kasus virus corona atau Covid-19. Artinya kondisi tersebut sebuah keberhasilan bagi masyarakat Rohil dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Hanya saja keberhasilan Rohil bisa mempertahankan Zona Hijau tersebut juga menjadi tanda tanya bagi masyarakat lainya. Karena selain daerah yang juga merupakan tujuan wisata Rohil juga berbatasan dengan daerah terjangkit Covid-19. Yaitu Sumatera Utara (Sumut). Sehingga perkiraan untuk bisa bebas dari penularan Covid-19 jauh dari kemungkinan. 

Namun pernyataan dan tanda tanya dari beberapa pihak tersebut terbantahkan dari jawaban tim gugus tugas penanganan Covid-19 Riau. Jika sampai saat ini Rohil memang masih aman dari penularan Covid-19 karena memang belum ada yang ditemukan dan salah satu yang harus disyukuri oleh Riau.

Hal tersebut disampaikan oleh Jubir gugus tugas penanganan Covid 19 Riau, dr Indra Yovi pada kompresi pers penyebaran Covid 19, Senin (13 /7/2020) di Posko penanganan Covid 19 gedung daerah Pekanbaru.

Dikatakannya jika Rohil tidak ada ditemukan kasus positif virus corona atau Covid-19 memang fakta di lapangan seperti itu. Tambah lagi hal itu suatu yang tidak mungkin disembunyikan oleh tim gugus tugas atau tim kesehatan. 

"Kita setiap hari juga menerima sampel swab dari Rohil, dan semua swab yang kita periksa memang hasilnya negatif semua. Inilah yang sangat kita syukuri dan diharapkan terus dipertahankan," katanya. 

Disinggung jika seandainya untuk pengambilan sampel swab dan yang dikirim ke laboratorium swab dari masyarakat yang dinyatakan sehat. dr Indra Yovi membantah pernyataan tersebut. Karena siapa yang bisa menjamin semua orang yang diambil sampel swab itu sehat. Apa lagi kasus Covid-19 ini tidak diprediksi hanya pada yang sakit, buktinya dari beberapa pasien yang dinyatakan positif juga tidak ada menunjukan gejala sakit lain. Untuk itu tidak bisa sembarangan menetapkan positif, dan tidaknya. 

"Untuk menetapkan pasien itu positif tidaknya bukan asal-asalan saja. Kita sampai melakukan pemeriksaan dua kali pemeriksaan untuk menetapkan hasilnya. Jadi tidak sembarangan," jelasnya. 

Yang pasti katanya,  meskipun saat ini Rohil berada di zona hijau belum berarti termasuk paling aman. Karena untuk pemeriksaan swab juga belum merata bahkan di Riau belum satupun Kabupaten kota yang memenuhi kuota untuk pemeriksaan swab. 

"Sampai saat ini belum ada Kabupaten kota yang memenuhi standar pengambilan swab dengan minimal 50 perhari.Maka itu kita kembali sampaikan belum bisa dikatakan masuk dalam level betul-betul aman," tuturnya.(MCR /AZ)

Video

Gubernur Riau Hadiri Peletakan Batu Pemecah Gelombang Kearifan Lokal Di Pantai Wisata Raja Kecik

Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Berita Terkait

TPBML BMR Selenggarakan Penilaian Buku Mulok BMR 

Kamis, 04 Maret 2021 | 19:22:37 WIB

Asita Riau Jalin Kerjasama dengan Puan Aspekraf

Kamis, 04 Maret 2021 | 19:09:51 WIB

Empat KPH Dapat Bantuan Alat Pemadam Karhutla

Kamis, 04 Maret 2021 | 14:13:50 WIB

Berikut Angka Realisasi Vaksinasi Tahap II di Riau

Rabu, 03 Maret 2021 | 19:04:17 WIB