Kamis, 8 Zulqaidah 1442 H | 17 Juni 2021
Ciptakan SDM Produktif, Dispersip Riau Dorong Pemda Setiap Desa Punya Pustaka
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau, Rahima Erna

PEKANBARU - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau, Rahima Erna targetkan satu desa memiliki satu perpustakaan. Namun hingga saat ini, baru 518 dari 1.852 desa dan kelurahan di Riau yang memiliki perpustakaan.

Menurut Rahima, target yang ditetapkan Dispersip Riau tersebut, sudah dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten kota. Hal itu sebagai bentuk dorongan untuk menciptakan masyarakat produktif dengan membaca. Ada pun bagi desa yang belum memiliki perpustakaan, terpulang kepada pemerintah daerah itu sendiri. 

"Melalui surat Gubernur dan kita juga berkomunikasi ke Pemda," kata Rahima, di Gedung Daerah, Senin (13/7/20).

Diakui, untuk desa-desa yang belum memiliki perpustakaan, tentu pemerintah daerahnya akan terus didorong. Salah satu daerah yang dinilai memiliki perhatian akan adanya perpustakaan di desa adalah Pemkab Siak. 

Bahkan menurutnya, banyak perpustakaan yang maju yang dilengkapi berbagai judul bacaan. Sehingga, upaya mencerdaskan masyarakat sangat terbuka. 

"Kabupaten Siak, hampir semua desa memiliki perpustakaan. Saya lihat pemerintahan di sana komit majukan pendidikan melalui peningkatan bacaan. 

Hal ini diharapkan, juga akan dilakukan oleh pemerintah daerah lainnya di Riau. Apalagi hal itu juga sejalan dengan visi dari setiap pemerintah daerah untuk mewujudkan perpustakaan di setiap desa.

"Untuk Bupati Wali Kota se-Riau  alhamdulillah sekarang untuk perpustakaan desa sudah banyak yang maju. Terpenting dari itu semua komitmen," ujarnya.

Selain itu, mantan Karo Tata Pemerintahan Setdaprov Riau ini juga mengatakan, indikator dari perpustakaan desa adalah terwujudnya desa mandiri, ketika perpustakaan tidak terbentuk di desa tersebut maka tidak mungkin status desanya desa mandiri.(MCR/mtr)

Video

Gubernur Riau Terima Bantuan Untuk PON XX Papua 2021

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

Gubri Gelar Pertemuan Dengan Kepala OJK Riau

Kamis, 17 Juni 2021 | 00:02:28 WIB