Selasa, 9 Rabiul Akhir 1442 H | 24 November 2020

DUMAI - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Kota Dumai melaksanakan serah terima jabatan kepala dari Marten kepada Kepala Rutan Cabang Bagan Siapiapi, Rohil, Riau Lukman, Selasa kemarin.

Selama menjabat Kepala Rutan Dumai lebih kurang 29 bulan, Marten mengaku telah banyak dibantu oleh pemerintah daerah dan semua pihak dalam pelaksanaan tugasnya untuk meningkatkan pelayanan.

"Pemerintah daerah ikut mendorong kita untuk melakukan perubahan dan pembenahan rumah tahanan ini menjadi semakin baik dan maksimal," katanya.

Dia menjelaskan, selain itu, pemerintah terus menempatkan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan warga binaan secara rutin dan gratis dengan program jaminan kesehatan (Jamkes).

"Alhamdulillah, saat ini kualitas kesehatan warga binaan kita telah membaik karena mendapat pemeriksaan gratis dari petugas medis pemerintah secara rutin," ujarnya.

Selain itu, dia berkesan dengan dukungan dan kerjasama seluruh aparat penegak hukum yang ada di Dumai yang komit dan serius dalam memberantas segala bentuk tindak kejahatan.

Dia yang selanjutnya akan bertugas sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Muara Tebo, Propinsi Jambi ini, mengakui masih banyak mengalami kekurangan selama pelaksanaan tugas di Dumai.

"Kepada pejabat baru diharapkan agar dapat melanjutkan program yang baik sesuai tugas dan fungsi serta menyempurnakan kekurangan yang ada selama ini," harapnya.

Menjabat Kepala Rutan Dumai, lanjutnya, pembinaan para narapidana dilakukan dengan cara menggiatkan pelatihan keterampilan dan kerajinan, bertujuan agar memiliki bekal untuk menjalani hidup  diluar penjara nanti.

Diketahui, Rumah Tahanan Dumai sejauh ini terus mengalami over kapasitas hingga mencapai lebih dari 500 penghuni dari daya tampung hanya sekitar 200 warga binaan.

Kelebihan jumlah narapidana yang menjalani sanksi hukuman negara ini disebabkan semakin tingginya tingkat kejahatan dan jumlah pelaku dalam satu perkara lebih dari satu orang. (MC Riau/ar)

Video

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Gubernur Corner (14 November 2020)

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB

Tol Pekanbaru-Dumai Telan Biaya Investasi Rp12,18 Triliun

Jumat, 25 September 2020 | 17:04:02 WIB