Kamis, 11 Rabiul Akhir 1442 H | 26 November 2020
Ilustrasi Sapi Kurban

PEKANBARU- Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) RI telah memilih sapi milik M Rois, warga Jalan Pelita, Labuh Baru Barat Pekanbaru, untuk hewan Qurban Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah bantuan Presiden Joko Widodo di Provinsi Riau.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Rahmat Setiyawan, Ahad (19/7/20). Sebelumnya, ada tiga ekor sapi yang menjadi kandidat untuk dipilih. oleh Tim Survey terdiri dari Balai Veteriner Bukit Tinggi, Kementan RI, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, serta Tim Dinas Pertanian Kota Pekanbaru.

"Dari tiga kandidat itu, akhirnya sapi milik M Rois, warga Labuh Barat Pekanbaru yang dipilih. Informasi tentang pengumuman pengadaan bantuan hewan Qurban itu, baru saja kita terima dari Setneg,"kata Rahmat.

Dia menjelaskan, sapi milik Rois itu dibeli seharga Rp68 juta. Sebelumnya, sapi itu ditawarkan oleh pemiliknya dengan harga Rp77.352.000.

"Berdasarkan evaluasi, baik proses administrasi, teknis dan harga sapi ini sudah sesuai dan wajar. Hasil survey, sapi ini juga memenuhi syarat kesehatan hewan,"ulasnya.

Sapi milik Rois ini papar Rahmat memiliki bobot 879,5 kilogram. Jenis Ras sapi ini merupakan persilangan sapi Brahman dan Angus.

Rahmat menyebutkan, nantinya sapi ini akan diserahkan ke Pemprov Riau pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah. Rencananya, sapi ini akan diserahkan langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar ke Pengurus Masjid Raya An- Nur Provinsi Riau.

Sebelumnya, Tim Survey yang terdiri dari Balai Veteriner Bukit Tinggi, Kementan RI, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, serta Tim Dinas Pertanian Kota Pekanbaru telah memantau tiga kandidat sapi hewan Qurban Presiden. Selain milik Rois, dua kandidat lainnya sapi milik Aprizal warga Jalan Purwodadi, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan. Kemudian, Agus warga Muara Fajar, Kecamatan Rumbai. (MCR /NOR). 

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

Gubri: Pemprov Riau Akan Mempercepat Proses Tender Proyek

Rabu, 25 November 2020 | 13:22:57 WIB

Dalam Catatan BPBD Riau, 3 Daerah di RiauTerpapar Banjir

Selasa, 24 November 2020 | 12:13:07 WIB

BPBD Riau: Banjir di Pelalawan Terus Dipantau

Ahad, 22 November 2020 | 18:34:21 WIB

Petugas Bandara SSK II Temukan 6.594 Butir Ekstasi

Sabtu, 21 November 2020 | 19:10:26 WIB