Ahad, 20 Zulhijjah 1441 H | 09 Agustus 2020

Info

PEKANBARU - Logo 'Bangga Buatan Indonesia' ditambahkan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 yang jatuh pada hari Senin, 17 Agustus 2020 mendatang.

Adapun tema yang digunakan pada HUT RI ke-75 ditahun 2020 ini adalah Indonesia Maju. Namun uniknya, ada penyempurnaan dengan ditambahkannya logo 'Bangga Buatan Indonesia' pada peringatan kali ini.

Penyempurnaan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia nomor B-456/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 yang disampaikan melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski.

"Penyempurnaan dimaksud adalah penambahan logo Bangga Buatan Indonesia untuk digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020," kata Riski di Pekanbaru, Jumat (31/7/20).

Dengan begitu, Riski berharap agar penyempurnaan penggunaan tema dan logo peringatan HUT RI ke-75 bisa disebarluaskan baik dilingkungan kerja maupun masyarakat luas.

Terangnya, pembuatan logo HUT RI ke-75 memiliki relevansi dengan tujuan diperiode baru Joko Widodo dan Ma'ruf Amin ini yakni membangun infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (SDM), penciptaan lapangan kerja serta pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Hal itu guna menciptakan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga sebagai pondasi bagi negara untuk bisa menghadapi persaingan global," lanjutnya.

Pemilihan tema Indonesia Maju, sebut Riski adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebuah simbolis dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia," demikian ungkapnya.

Penggunaan logo HUT RI ke-75 tahun ini kata Riski terinspirasi dari simbol perisai didalam lambang Garuda Pancasila. 

"Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia," ucapnya.

Ia menyampaikan, logo Kemerdekaan RI ke-75 tahun menyimbolkan arti dari kesatuan dan petumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia. (MCR/NV)

Video

Rapat Pembahasan Perbatasan Bengkalis (Indonesia) Dengan Malaysia

Ucapan Dan Harapan Masyarakat Provinsi Riau Bersempena Hari Jadi Provinsi Riau Ke-63

Gubernur Corner (1 Agustus 2020)

Berita Terkait