Senin, 5 Jumadil Akhir 1442 H | 18 Januari 2021

PEKANBARU - Pelaksanaan tes swab massal seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dipercepat dan juga dibuka untuk umum. 

Pelaksana yang sebelumnya direncanakan 5 Agustus 2020 tersebut, dilaksanakan Selasa (4/8/2020) di halaman gedung sembilan lantai kawasan kantor Gubernur Riau. Dimana percepatan tes swab ASN dan THL ini juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Republik Indonesia (RI) dan HUT ke 63 Provinsi Riau yang dibuka oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, percepatan program ini juga sesuai arahan gubernur Riau yang sebelumnya juga mempertimbangkan penyebaran dan penambahan pasien positif Covid-19 beberapa minggu ini yang peningkatannya cukup drastis di Riau.

"Angka penambahan ini sangat luar biasa yaitu sampai mencapai 50 orang. Maka itu harus bergerak cepat lagi termasuk pada seluruh ASN dan THL di lingkungan Pemprov Riau ini yang juga dibuka untuk umum. Sehingga bagi masyarakat yang ingin mengikuti swab bisa juga ikut secara gratis," depannya. 

Sedangkan untuk tahap kedepan,  ia juga mengatakan pihak Dinkes Riau juga akan melaksanakan di setiap OPD yang ada di lingkungan Pemprov Riau sesuai yang disampaikan gubernur Riau sebelumnya. Untuk di OPD ini sebelumnya gubernur Riau juga telah menyampaikan kepada seluruh OPD untuk bisa melaksanakan dengan segera agar pendeteksian bisa lebih cepat dan pencegahan serta pemutusan mata rantai Covid 19 bisa dilaksanakan dengan maksimal. 

"Jika hasil swab massal ini nantinya banyak menunjukkan hasil yang negatif kita juga lebih nyaman dan aman. Namun jika memang ada yang terpapar bisa segera ditangani supaya tidak terjadi penyebaran lebih lanjut," jelasnya. 

Lebih jauh kata Mimi, peningkatan kasus Covid 19 di Riau saat ini bisa menjadi perhatian bagi semua masyarakat di Riau. Karena saat ini Covid 19 telah tersebar di 12 kabupaten kota se Riau, termasuk Kabupaten Rohil yang sebelumnya merupakan zona hijau. 

"Dari awal kita juga sudah menyampaikan, dan menghimbau masyarakat hanya untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena kunci pemutusan mata rantai Covid 19 ini dari kedisiplinan masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan," jelasnya. 

Terkait tes swab massal dilingkungan Pemprov Riau ini,  ia menargetkan sebanyak 1.500 sampel. Dimana target itu juga sesuai pertimbangan langkah cepat mendeteksi dan mencegah penularan. "Kita menargetkan bisa sebanyak-banyaknya melakukan swab ini. Mak itu kita juga buka untuk umum," katanya. 

Sementara Wagubri Edy Natar Nasution mengatakan, selain mengapresiasi pelaksanaan tes swab massal ini ia juga mengharapkan mampu untuk segera mendeteksi dan mengatasi terjadinya penularan Covid 19 lebih besar lagi.  Untuk ia juga menghimbau kepada seluruh ASN dan THL bisa mengikuti kegiatan ini sebagimana yang diharapkan. 

"Kita juga menghimbau pada masyarakat untuk berpartisipasi pada Porgram ini. Sehingga kedepan gerakan pemutusan mata rantai Covid 19 bisa berjalan lebih maksimal," ujarnya. 

"Tambahnya lagi saat ini,  kita sudah masa menuju tatanan hidup baru, dimana Pemprov Riau telah menerapkan SOP protokol kesehatan yang harus betul-betul bisa laksanakan dengan baik." tuturnya. (MCR /AZ)

Video

Penyuntikan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Riau

Wakil Gubernur Riau Pimpin Rakor Bahas Rencana Vaksin Covid-19 dan Pengetatan Prokes

Wakil Gubernur Riau Hadiri Rapat Penanganan Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi

Berita Terkait

Bapenda Bakal Terapkan Pajak Progresif di Riau Tahun Ini

Ahad, 17 Januari 2021 | 12:15:04 WIB

IMR Universitas Indonesia Kolaborasi dengan IKA 4968

Jumat, 15 Januari 2021 | 16:40:16 WIB

Dispora Riau Fokuskan Pengelolaan Dua Stadion Ini

Jumat, 15 Januari 2021 | 16:14:43 WIB

Tahun Ini Pembangunan Quran Centre di Purna MTQ Dimulai

Jumat, 15 Januari 2021 | 14:22:31 WIB

Danrem 031/WB: Vaksin Aman Diberikan Kepada Masyarakat

Kamis, 14 Januari 2021 | 15:28:09 WIB

2021, Dispar Riau Luncurkan Aplikasi Pariwisata

Kamis, 14 Januari 2021 | 14:39:26 WIB

Danrem 031/WB Orang Pertama Menerima Vaksinasi Corona

Kamis, 14 Januari 2021 | 11:19:57 WIB