Selasa, 9 Rabiul Akhir 1442 H | 24 November 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU- Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Terintegrasi Universitas Riau (Unri) yang bertugas di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon dan pelepasan benih ikan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperbaiki keseimbangan ekosistem dari wilayah tugas tim Kukerta sendiri.

 

Ketua tim dosen yang dikepalai oleh Dr. Muhammad Fauzi, S.Pi, M.Si mengatakan,  Kukerta merupakan salah satu kegiatan akademis wajib yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Riau setiap tahunnya. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diterima di kampus kepada masyarakat luas. "Selain itu, momen kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menjadi peka dan melebur dengan dinamika kehidupan masyarakat, yang notabenenya berada di luar dinding kampus," jelas DR Muhammad Fauzi SPi MSi. 

 

Salah satu tim Kukerta Universitas Riau ditempatkan di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Tim ini beranggotakan sepuluh orang yang berasal dari berbagai fakultas yang berbeda, dan dikepalai oleh Muhammad Farhan Surez. Tim ini berada di bawah bimbingan tim dosen yang dikepalai oleh Dr. Muhammad Fauzi, S.Pi, M.Si. 

 

Tim Kukerta di bawah bimbingan Bapak Fauzi melaksanakan kegiatan dimulai dari tanggal 29 Juni 2020. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh tim tersebut, di antaranya: sosialisasi bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pembuatan tempat sampah sekaligus pendistribusian, penyerahan hand-sanitizer, pembuatan plang sekaligus penempatan, serta penanaman bibit pohon dan pelepasan benih ikan.

Kegiatan penanaman bibit pohon dan pelepasan benih ikan dilaksanakan masing-masing di tanggal 22 dan 24 Juli 2020. Lokasi dari kegiatan ini adalah RT 01 RW 05 Kelurahan Kampung Baru. Lebih tepatnya, tim menanam bibit pohon di beberapa lokasi, yaitu: pekarangan Rumah Batin Senapelan, pinggiran jalan di wilayah RT yang dimaksud, dan jalanan di salah satu perumahan di lokasi. 

 

Sementara itu, bibit dilepaskan oleh tim di dermaga apung dekat Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru.

 

"Penanaman bibit pohon ini diharapkan menjadi bagian dari upaya penghijauan lingkungan RT 01 RW 05 Kelurahan Kampung Baru. Kegiatan ini diharapkan membawa manfaat banyak di dalam jangka waktu yang lama, sebab bibit yang ditanam akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh dan berkembang menjadi pohon dewasa,"  harap DR Muhammad Fauzi SPi MSi. 

 

Harapannya, terutama pohon-pohon yang ditanam mampu memberikan manfaat keasrian dan penghijauan bagi generasi-generasi mendatang. Selain itu, beberapa pohon yang ditanam bertipe tanaman berbuah sehingga generasi-generasi mendatang dapat menikmati buah-buahan segar nantinya.

 

Pelepasan benih ikan, sama halnya dengan kegiatan penanaman bibit pohon, diprioritaskan dengan tujuan menjaga keseimbangan ekosistem di RT 01 RW 05. Seperti yang diketahui, bahwa wilayah administrasi tersebut juga dilalui oleh aliran Sungai Siak, salah satu sungai terdalam di Indonesia. Namun, disayangkan bahwa hasil tangkapan ikan mulai mengalami penurunan. 

 

"Diharapkan, dengan pelepasan benih ikan tersebut, maka terjadi restocking persediaan ikan di sepanjang aliran Sungai Siak di Kelurahan Kampung Baru. Dengan demikian, generasi-generasi mendatang memiliki kesempatan untuk merasakan gurihnya daging ikan sungai segar yang ditangkap di sepanjang aliran Sungai. MCR /NOR

Video

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Gubernur Corner (14 November 2020)

Berita Terkait

Dalam Catatan BPBD Riau, 3 Daerah di RiauTerpapar Banjir

Selasa, 24 November 2020 | 12:13:07 WIB

BPBD Riau: Banjir di Pelalawan Terus Dipantau

Ahad, 22 November 2020 | 18:34:21 WIB

Petugas Bandara SSK II Temukan 6.594 Butir Ekstasi

Sabtu, 21 November 2020 | 19:10:26 WIB

Pertama di Riau, Rokok Ilegal Jadi Pupuk

Rabu, 18 November 2020 | 15:09:02 WIB