Selasa, 5 Safar 1442 H | 22 September 2020

Info

Ilustrasi dana Bantuan Langsung Tunai (Foto MC Riau)

PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau, melalui Kepala Dinas Sosial, Dahrius menghimbau kepada seluruh Kabupaten Kota segera menyampaikan percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) , yang telah disampikan oleh Pemprov Riau, yang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak Covid-19, sebesar Rp300 perbulan selama tiga bulan. 

Hingga memasuki bulan kelima pandemi covid-19 di Riau ini, masih ada 7 Kabupaten Kota, yang belum menyalurkan BLT, kepada masyarakat. Padahal Pemprov Riau sudah menyerahkan BLT tersebut dalam bentuk tunai kepada pemerintah Kabupaten Kota pada bulan April lalu. 

“Masih ada 7 Kabupaten belum menyalurkannya bantuan keuangan, dan tahap ini akan berjalan selama tiga kali. Tahap pertama saja belum selesai, dan ini akan menghambat tahap selanjutnya. Tapi kami masih akan menunggu hingga berakhir pada bulan Desember,” ujar Kadis Sosial Riau, Dahrius Husin, Rabu (5/8).

“Saat ini Bankeu yang akak disalurkan masih disiapkan, dan jika ada kebijakan baru dari pemerintah akan disampaikan. Untuk itu pemerintah Kabupaten Kota yang belum menyampaikan administrasinya, segera diselesaikan agar sampai ke masyarakat,” tegas Dahrius.

Dijelaskan Dahrius, pemerintah Provinsi Riau, baru menyalurkan dan menerima laporan dari 5 Kabupaten Kota yang telah menyalurkan BLT. Dari 5 daerah tersebut, baru Kota Dumai yang telah menyampaikan BLT untuk tahap ketiga dan sudah mencapai 90 persen. Sedangkan Kabupaten Kota lainnya, masih tahap pertama dan menuju tahap kedua. 

“Yang perlu dicatat pemprov menyampaikan anggaran baru lima Kabupaten, diantaranya Kota Dumai, mencairkan pada tahap ketiga, Realisasi 90 persen lebih dari jumlah penerima manfaat yang disulkan. Kota Pekanbaru dua tahap sekarang berjalan satu tahap menuju tahap berikutnya,” jelasnya. 

“Kuantan Singingi sedang berjalan namun hanya menyalurkan pada bantuan pangan non DTKS, belum menyampaikan by name by addres. Baru non DTKS  yang ada sekarang data terpadu bagi penerima manfaat. Selanjutnya Inhu sekarang menyalurkan tahap pertama. Dan Rohul juga sedang menyalurkan tahap pertama,” jelasnya lagi. (MCR/JI). 

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait