Sabtu, 2 Safar 1442 H | 19 September 2020

Info

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar kembali menggelar pertemuan secara virtual melalui zoom meeting dengan Bupati/Wali Kota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Provinsi Riau untuk membahas terkait upaya percepatan penanganan Covid19 di kabupaten/kota masing-masing di Riau.

Dalam pertemuan tersebut, Gubri menyampaikan bahwa saat ini terjadi lonjakan kasus positif di Riau. Untuk itu, ia meminta kabupaten/kota untuk segera mempersiapkan beberapa hal untuk percepatan penanganan virus tersebut.

Sebutnya, saat ini penanganan Covid19 di Riau difokuskan kepada enam daerah yang rawan Covid19, karena peningkatan jumlah kasusnya terus meningkat beberapa waktu belakangan ini.

Adapun enam daerah yang di maksud Syamsuar tersebut, yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Hari ini kami sengaja mengundang bupati/wali kota serta forkopimda untuk langkah-langkah penanganan Covid19, kita harus fokus pada penanganannya," katanya di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (5/8/2020).

Kemudian, ia juga meminta pemerintah daerah untuk segera melakukan peningkatan kapasitas swab untuk meminimalisir terjadinya penularan Covid19 di lingkungan masing-masing.

"Saat ini banyak sekali terjadinya penemuan kapasitas positif di lingkungan kerja, oleh karena itu daerah diminta untuk segera melakukan swab massal," ujarnya.

Gubri menambahkan, kasus positif juga banyak ditemukan pada pendatang yang masuk ke Riau, untuk itu ia juga meminta daerah kembali melakukan pengawasan terhadap orang yang baru masuk apalagi yang berasal dari luar daerah.

"Banyak juga yang terkonfirmasi positif warga luar daerah atau warga Riau yang sempat keluar daerah dan kembali ke Riau, makanya kita perlu mengawasi orang-orang baru datang tersebut," ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Asisten III Setda Riau, Syahrial Abdi, Forkompinda Riau, Anggota Komisi V DPRD Riau Ade Hartati, Juru Bicara Penanganan Covid19 Riau, Indra Yovi, Kepala OPD terkait lainnya, serta tamu undangan lainnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Hadiri Panen Perdana Kebun Jagung Kelompok Tani Goro SAE Riau

Gubernur Corner (12 September 2020)

Gubernur Riau Meninjau Penempatan Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Berita Terkait