Selasa, 5 Safar 1442 H | 22 September 2020

Info

PEKANBARU - Angka kasus positif Covid19 di Provinsi Riau kembali mengalami peningkatan, untuk itu Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta kepada pemerintah daerah untuk terus menggencarkan anjuran penggunaan masker kepada masyarakat secara masif.

Gubri menyadari, saat ini masih banyak masyarakat Riau yang belum disiplin dalam penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan. Namun ia yakin jika iimbauan penggunaan masker terus dijalankan, maka semakin lama masyarakat akan semakin mengerti.

"Kita harus menggencarkan anjuran penggunaan masker dan diwajibkan bagi setiap orang yang hendak keluar," katanya saat pertemuan bersama Bupati/Wali Kota se Riau melalui virtual, di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (05/08/20).

Ia menerangkan, jika masyarakat patuh akan anjuran pemerintah, maka Gubri percaya bahwa pandemi Covid19 ini dapat teratasi dengan baik di Riau.

"Saya yakin kalau masyarakat Riau pakai masker semua penyebaran Covid19 ini bisa kita cegah," ungkapnya.

Lanjut Syamsuar, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan peraturan daerah terkait penerapan protokol kesehatan terutama kewajiban dalam penggunaan masker demi mencegah terjadinya penambahan kasus positif di Riau.

"Kita juga minta bupati dan wali kota segera mempersiapkan peraturan tersebut, kita kan tidak tahu kapan pandemi ini berakhir. Kita ingin meminimalisir penularan Covid19," tutupnya.

Ia berharap, dengan gencarnya anjuran penggunaan masker ditambah dengan peraturan yang kuat, maka seluruh masyarakat Riau bisa mematuhinya terutama masyarakat yang selalu beraktivitas dan berjumpa dengan banyak orang.

Tutur Datuk Seri Setia Amanah ini membeberkan, menurut para ahli 70 persen bisa mencegah penularan Covid19 dengan disiplin menggunakan masker.

"Dengan menggunakan masker maka bisa menghindari kita, orang terdekat dan seluruh masyarakat dari penyebaran Covid19," sebutnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait