Sabtu, 2 Safar 1442 H | 19 September 2020

Info

PEKANBARU - Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Syahrial Abdi menyampaikan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul harus dipersiapkan untuk mengangkat perekonomian di Riau.

Ia menuturkan, Riau memiliki banyak potensi terutama di bidang Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat berlimpah, namun sejauh ini sumber daya tersebut belum mampu dikelola dengan baik karena keterbatasan SDMnya.

"Banyak potensi yang harus kita gali, untuk itu SDM nya juga harus kita persiapkan dengan sebaik mungkin," ucapnya saat menjadi narasumber dalam program siaran dialog interaktif Wajah Daerah Riau dengan topik Kemajuan Riau di Usia 63 di RRI Pro 2 Pekanbaru, Kamis (6/8/2020).

Syahrial Abdi menambahkan, Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung upaya-upaya dalam menyiapkan SDM unggul salah satunya dengan mensupport didirikannya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seperti SMK Kelautan yang menunjang skill masyarakat Riau.

Kemudian ia menyebutkan, pihaknya juga akan mendorong peningkatan hilirisasi setiap potensi yang ada di Riau namun tetap mempertahankan produksi hulunya.

"Potensi SDA kita beri nilai tambah dengan SDM-nya, maka akan mampu kita ciptakan hilirisasi yang baik," tuturnya.

Ia menyebutkan, dengan mendorong industri hilirisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan keuntungan yang lebih. Artinya Riau tidak lagi menyediakan bahan mentah dijual keluar, namun Riau harus mampu mengolah sendiri potensi tersebut dan menjadi nilai yang lebih berguna.

Ia berharap, terciptanya SDM yang berdaya saing akan membuat perubahan yang lebih baik untuk Provinsi Riau terutama dalam bidang peningkatan ekonomi.

"Riau memiliki nilai tambah dan memiliki kesempatan yang lebih untuk berbuat jika didukung dengan SDM yang unggul," ujarnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Riau Hadiri Panen Perdana Kebun Jagung Kelompok Tani Goro SAE Riau

Gubernur Corner (12 September 2020)

Gubernur Riau Meninjau Penempatan Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Berita Terkait