Rabu, 6 Safar 1442 H | 23 September 2020

Info

PEKANBARU - Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau jumlah pejabat eselon III dan IV yang dilantik sebanyak 204 orang.  Namun dari jumlah tersebut sebagian besar adalah eselon IV, yakni sebanyak 203 orang. Sedangkan untuk eselon III hanya ada satu orang.

"Ada 204 orang yang dilantik. Itu rata-rata eselon IV semua, eselon III cuma satu orang, itu pun hanya pengukuhan," kata Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Jumat (7/8/2020).

Ikhwan merincikan, dari 204 pejabat eselon IV yang dilantik tersebut 120 diantaranya mendapat jabatan baru karena promosi, kemudian ada 79 orang yang dirotasi ke jabatan lain. Sedangkan yang dikukuhkan ada 5 orang, salah satunya adalah eselon III. 

Seperti diketahui, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, melantik dan mengambil sumpah 204 pejabat eselon III dan IV secara virtual, Jumat (7/8/2020).  Pelantikan dipusatkan di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Provinsi Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru. Namun dalam pelantikan ini tidak seluruhnya pejabat yang dilantik hadir di lokasi pelantikan. 

Hanya perwakilan saja yang hadir di gedung daerah untuk menjalani proses pelantikan dan pengambilan sumpah secara langsung. Dari 204 pejabat yang dilantik, hanya ada sekitar 10 orang saja yang diundang ke lokasi pelantikan. Sedangkan sisanya mengikuti pelantikan secara virtual melalui video comperence di kantor masing-masing OPD. 

Pelantikan secara online ini terpaksa dilakukan mengingat saat ini Riau masih dilanda Pendemi Covid-19. Sehingga tidak memungkinkan untuk menghadirkan seluruh pejabat yang akan dilantik. Sebab dikhawatirkan jika semua hadir tidak bisa menetapkan jaga jarak atau psykal distancing dengan baik. 

Pelantikan dan pengukuhan pejabat eselon III dan pelantikan pejabat IV ini, untuk mengisi jabatan yang masih kosong dan mengisi jabatan kepala UPT baru yang telah di bentuk. Dari prosesi pelantikan, Gubernur Riau, Syamsuar hanya melantik sebanyak 10 pejabat eselon III dan IV, sebagai perwakilan dari seluruh pejabat yang dilantik.

Untuk sisa pejabat yang lain pelantikan dilakukan secara virtual di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan dibacakan satu persatu oleh Protokol di Gedung Daerah.

Tampak hadir, pada acara pelantikan pejabat secara virtual, Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya, Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, dan jajaran kepala OPD serta perwakilan pejabat yang dilantik. (MCR/SA)

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait