Selasa, 5 Safar 1442 H | 22 September 2020

Info

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution menghadiri sekaligus mengikuti rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau dalam rangka peringatan hari jadi ke-63 Provinsi Riau tahun 2020 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau, Ahad (09/08/2020).

Ketua DPRD Provinsi Riau, Indra Gunawan dalam sambutannya mengatakan bahwa provinsi Riau sejak ditetapkan hari jadinya pada tanggal 9 Agustus 1957 maka tepat pada hari ini Provinsi Riau sudah berusia 63 tahun.

"Alhamdulillah hari ini Provinsi Riau Genap 63 tahun," kata Indra Gunawan

Lanjutnya, hal ini berdasarkan peraturan daerah Provinsi Riau nomor 11 tahun 1999 dan undang-undang darurat nomor 19 tahun 1957 yang ditandatangani presiden pertama Republik indonesia Ir Soekarno.

Tambahnya, penetapan Riau sebagai provinsi merupakan buah hasil dari pengorbanan para pejuang dan para pendiri yang bekerja tanpa pamrih. 

"Jasa mereka dalam memperjuangkan Riau ini tak akan pernah terlupakan, karena perjuangan tersebut merupakan cita-cita suci mereka mendirikan Provinsi Riau," tuturnya.

Terangnya adapun tema yang diusung oleh pemerintah provinsi Riau dihari jadi Provinsi Riau yang ke 63 ini adalah riau bermarwah dan ini sangat tepat dan memiliki semangat kebersamaan.

"Riau bermarwah adalah suatu yang penting karena didalamnya memiliki simpul kerjasama, kebersamaan serta memiliki tujuan yang mulia, kita kompak bersama tentunya Riau semakin bermarwah," ucapnya.

"Kalau kita kompak dan bekerja sama tentunya Riau bermarwah pasti dapat kita wujudkan," tambahnya.

Datuk Seri Setia Amanah, Syamsuar juga mengatakan meskipun ditengah pandemi Covid-19 namun semangat hari jadi ke 63 Provinsi Riau tidak akan luntur.

"Dalam memperingati hari jadi ke 63 Provinsi Riau tidak akan pernah luntur dalam sanubari kita di tanah melayu yang cintai ini meskipun ditengah pandemi Covid-19," tutur Syamsuar

Jelasnya bahwa Riau Bermarwah yang diusung memiliki banyak pengertian seperti bermartabat, kehormatan, kemuliaan dan pangkat tinggi.

"Maka Riau bermarwah adalah Riau yang memiliki martabat, kehormatan, kemuliaan dan pangkat yang tinggi sehingga provinsi Riau berdiri kokoh dengan segala kelebihan dan kekurangannya," jelasnya.

Tambahnya oleh sebab azam telah ditancapkan maka dengan demikian akan berupaya membangun Riau bermarwah dan terus memperbaiki segala kekurangan yang ada.

Turut hadir Kapolda Riau, Agung Setya Effendi, Dandrem 031/ Wira Bima, Syech Ismed dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Frokopimda) Provinsi Riau, Ketua Umum Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Riau, Datuk Seri Al Azhar. (MCR/SEM)

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait