Selasa, 5 Safar 1442 H | 22 September 2020

Info

Tol Trans Sumatera Pekanbaru-Dumai (Foto Diskominfotik Riau/Yudha).

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) bisa segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.  

Harapan itu disampaikan Gubri Syamsuar 
sempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Provinsi Riau tahun 2020. 

"Di HUT Riau ini kami berharap bagaimana jalan tol nanti pada waktunya pak Presiden berkenan segera meresmikan," kata Gubri Syamsuar, Minggu (9/8/2020) usai rapat paripurna HUT ke-63 Riau di Gedung DPRD Riau.  

Sebab menurut Gubri, dengan diresmikannya jalan bebas hambatan itu diharapkan bisa menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi Riau. Pasalnya saat ini pertumbuhan ekonomi menurun tajam karena pandemi Covid-19. 

"Walaupun sekarang jalan tol ada beberapa lokasi masih diperbaiki. Mudah-mudahan perbaikan ini bisa cepat selesai, sehingga jalan tol bisa segera dimanfaatkan," harapnya.  

Lebih lanjut mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Riau triwulan II minus 3,2 persen. Padahal sebelumnya plus 2,2 persen. 

"Menurunnya pertumbuhan ekonomi Riau karena ekspor pupl and paper menurun, dan ekspor CPO juga berkurang. Termasuk ekspor karet dan lainnya. Jadi itu beberapa sektor yang mempengaruhi turunnya ekonomi di Riau," terangnya. 

Untuk itu, Gubri mengajak semua stokeholder bersama-sama mendorong ekonomi Riau agar bisa normal kembali.  Karena menurutnya potensi untuk meningkatkan ekonomi itu masih ada. 

"Kami juga sudah perusahaan-perusahaan untuk berinvestasi. Dan beberapa perusahaan sudah ada yang akan berinvestasi di Riau. Kemudian juga akan membantu menggerakan UKM agar mereka bisa mengungkit ekonomi," bebernya. 

Disamping itu, tambah Gubri, Pemprov Riau juga menggalakan sektor pariwisata. Karena sektor ini juga bisa mendorong UKM di Riau. 

"Namun untuk menggerakan sektor pariwisata ini kita tetap mematuhi protokol kesehatan," tutupnya. (MCR/amn). 

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait