Kamis, 6 Rabiul Awwal 1442 H | 22 Oktober 2020

Info

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
Sejumlah petugas Pemkot Pekanbaru melaksanakan razia masyarakat tak bermasker di jalan Sudirman Pekanbaru (Foto MC Riau/Heru Maindikali).

PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, mendukung langkah Pemerintah Kota Pekanbaru, yang mulai menerapkan peraturan walikota (Perwako) dengan memberikan sanksi denda, atau sanksi sosial hukuman dengan ikut membersihkan jalan-jalan yang ada di Pekanbaru, bagi masyarakat yang tidak memakai masker.

“Pekanbaru sudah mulai melakukan razia dan bagus, razia ini salah satunya melaksanakan inpres. Tentunya dengan memberikan hukuman yang humanis barulah sesuai dengan inpres,” ujar Gubri, Syamsuar, Senin (10/8).

Dijelaskan Gubri, selain dari Pemerintah Kota Pekanbaru, ia meminta kepada Kabupaten lainnya ikut menjalankan apa yang telah dibuat oleh Pekanbaru. Sehingga masyarakat bisa tau seberapa pentingnya menjalani protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Riau. Apalagi dalam beberapa minggu ini kasus pasien covid-19 di Riau terus meningkat.

“Sata minta semua daerah bisa seperti itu, menjalankan inpres dasarnya. Dan Kabupaten Kota bisa merasakan berjalannya inpres ini. Semua untuk kepentingan kita untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” kata Gubri.

Dalam menerapkan Inpres yang telah diteken oleh Presiden, Gubri mengatakan, pihaknya telah mengadakan rapat bersama Mendagri, BNPB, dan ketua tim Penggerak PKK pusat, termasuk bersama Gubernur se Indonesia, serta Bupati dan Waikota. Dari pembicaraan tersebut mulai dari sekarang akan melaksanakan kegiayan memakai masker. 

“Jadi dalam pembicaraan bersama Mendagri, kepala BNPB dan ketua tim penggerak PKK, nanti juga diikutsertakan PKK turun kelapangan, kerumah-rumah sekaligus dalam penanganan covid-19. 

“Termasuk mengajak media, tokoh masyarakat, tim relawan peduli kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan, termasuk menjaga jarak. Diharapkan peran PKK turun kelapangan agar masyarakat bisa patuh terhadap prokol kesehatan sesuai inpres,” jelas Gubri. (MCR/JI). 

Video

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2020

Upacara Peringatan HUT ke 75 TNI Secara Virtual

Berita Terkait

56 Qari dan Qariah Riau Jalani TC MTQ Nasional

Senin, 19 Oktober 2020 | 22:14:03 WIB

Diterima Gubri, Apkasindo Bantu 50 Ribu Lembar Masker

Senin, 19 Oktober 2020 | 20:34:21 WIB

Pemprov Riau Kembali Terima 100 Ribu Masker dari PT RAPP

Senin, 19 Oktober 2020 | 16:43:00 WIB