Ahad, 9 Rabiul Awwal 1442 H | 25 Oktober 2020

Info

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menjalin silaturahmi dengan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Provinsi Riau dalam rangka Musyawarah Wilayah ke-2 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (19/08/2020).

"Tentu atas nama Pemprov Riau, saya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan temu ramah ini bersama Pengurus dan peserta Muswil KBB Provinsi Riau ke-2 tahun 2020 yang dikemas dalam bentuk pertemuan silaturrahmi," ujarnya.

Edy mengatakan, Provinsi Riau negeri melayu bumi lancang kuning memiliki keaneka ragaman adat dan budaya, baik budaya tempatan maupun budaya yang terbangun dari proses asimilasi. Keberagaman ini merupakan anugerah yang Allah SWT berikan. 

"Sebagaimana firman Allah SWT di dalam Alquran Surah Al-Hujurat ayat 13, yang mana firman Allah SWT ini sangat jelas bahwa perbedaan itu bukanlah sebab untuk kita berjarak dan berselisih. Justru perbedaan itu adalah rahmat untuk kita saling kenal mengenal," ungkapnya.

Lanjutnya, jika kita masuk ke dalam aspek yang lebih kecil yaitu Suku Banjar, memiliki berbagai pembagian suku lagi, yang masing-masing suku memiliki spesialisasi keahlian yang menjadi ciri khasnya. 

"Seperti ada yang ahli bertani, ahli berniaga dan jika seluruh potensi ini diraih dalam waktu bersamaan, maka tentu akan memunculkan sebuah peradaban yang maju. Dan itu pula sebabnya Kerajaan Banjar merupakan salah satu kerajaan di bumi Nusantara yang pernah mengalami masa kejayaan emas dimasa lalu," katanya.

Harapnya, karakteristik orang banjar yang agamis dan humanis hendaknya senangtiasa dipertahankan. Serta, kesantunan dan tampilan spritual tidak boleh tergerus oleh zaman.

"Disini peran para Pengurus Wilayah KBB Riau menjadi penetralisir perbedaan menjadi acuan dalam bersikap dan bertindak. Dan sikap tersebut harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (MCR/AQB)

Video

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2020

Upacara Peringatan HUT ke 75 TNI Secara Virtual

Berita Terkait

Dinas ESDM Riau Dorong BUMD Garap Peluang Bisnis Jargas

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 14:49:33 WIB

Sekdaprov Riau Buka Musprov IV DPP Apindo Riau

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 14:38:14 WIB

Sekdaprov Riau Pimpin Rakor RDTR BWP Medang Kampai

Jumat, 23 Oktober 2020 | 19:17:16 WIB

34.534 Suspek Selesai Isolasi

Kamis, 22 Oktober 2020 | 22:00:52 WIB

UU Cipta Kerja Berikan Kemudahan Berusaha

Kamis, 22 Oktober 2020 | 21:35:22 WIB