Ahad, 14 Rabiul Akhir 1442 H | 29 November 2020

Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau optimis pertumbuhan ekonomi Bumi Lancang Kuning pada kuartal ketiga tahun 2020 akan menunjukkan perbaikan positif.

Kepala Biro Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setdaprov Riau John Armedi Pinem mengatakan, rasa optimis itu muncul seiring dengan mulai menggeliatnya roda ekonomi di kalangan masyarakat. 

"Pertumbuhan ekonomi pada kuartal II kan kita mengalami kontraksi 3,22 persen. Kita harapkan pada triwulan III ini bisa tumbuh positif, juga dengan mendorong anggaran pemerintah agar cepat terkucur,"kata John,  Rabu (19/8/2020).

"Kita juga melihat saat ini ekonomi sudah mulai menggeliat, cafe-cafe dan mal sudah mulai buka. Tapi, kita juga harus menjaga protokol kesehatan. Artinya ini seperti dua mata uang, kedua-duanya (protokol kesehatan dan pemulihan ekonomi) berjalan," tambahnya. 

Selain itu, kata dia, di sisi lain pihaknya juga terus mendorong agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi. 

"Kalau kita lihat, Bank Riau Kepri juga memberikan deviden lebih dari Rp72 miliar. Ya ada juga lain, dia (BUMD) juga kan menyerap tenaga kerja, ada yang menyalurkan kredit ke masyarakat, yang kesemuanya ini juga akan mendorong perekonomian. Kedepan juga kita akan terus berupaya untuk menyehatkan BUMD-BUMD kita ini," demikian John.(MCR/ger)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB