Kamis, 22 Rabiul Awwal 1443 H | 28 Oktober 2021
Perhotelan Dumai Dorong Pemerintah Tingkatkan Kepariwisataan

DUMAI - Pelaku perhotelan mendorong pemerintah kota Dumai, Riau agar meningkatkan sektor kepariwisataan yang dipandang sangat berprospek bagus mengingat daerah ini merupakan pintu masuk pelabuhan internasional.
 
"Tingkat hunian hotel 80 persen merupakan tamu yang harus menginap dikarenakan urusan pekerjaan atau bisnis, dan sangat sedikit sekali pengunjung yang datang untuk kegiatan berliburan semata," kata General Manager Hotel Comfort Dumai, Nyoman Wija, Selasa (10/6).
 
Dia menjelaskan, sejauh ini sektor kepariwisataan yang ada kurang menjual dan sedikit sekali diminati kalangan wisatawan yang hendak berliburan, sementara, jika dikelola dengan optimal akan berprospek bagus.
 
Padahal, Dumai dengan potensi pelabuhan internasional dan berdiri banyak perusahaan industri besar, sangat dimungkinkan untuk menjual objek pariwisata kepada pelaku usaha yang berkepentingan mendatangi daerah ini.
 
"Namun disayangkan objek wisata kunjungan sangat minim sekali sehingga kita hanya berharap dari kunjungan tamu dari kalangan pelaku usaha swasta dan kepentingan pemerintah," jelasnya.
 
Karena itu, pihaknya bersama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) setempat terus mendorong dan menjalin komunikasi untuk percepatan pembangunan sektor keparisiwataan daerah.
 
Dia menyayangkan sekali potensi daerah ini tidak dimanfaatkan maksimal oleh pemerintah, asalkan menyediakan objek pariwisata menarik.
 
"Dengan adanya kunjungan wisatawan, selain membawa pemasukan keuangan daerah, juga akan menggerakkan ekonomi masyarakat kecil yang menggantungkan hidup dari berdagang," jelasnya.
 
Sejumlah objek wisata alam dan buatan di kota berjuluk mutiara dari pantai timur sumatera ini diketahui dalam beberapa tahun terakhir kurang menggeliat sehingga menyebabkan minimnya kunjungan orang dan tidak mendatangkan penerimaan keuangan daerah.
 
Diantara objek wisata tersebut, danau wisata buatan, hutan wisata, sejumlah pantai, Pesanggrahan Makam Putri Tujuh di lingkungan kilang minyak Pertamina RU II, serta lain sebagainya. (MC Riau/ar)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Danrem 031/WB Tinjau Hasil Pembangunan TMMD ke-112 Dumai

Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:22:12 WIB

Razia Pajak Kendaraan, Bapenda Riau Periksa 78 Kendaraan

Selasa, 28 September 2021 | 16:23:50 WIB

Wagubri Hadiri Penanaman Mangrove Serentak di Dumai

Kamis, 23 September 2021 | 12:37:15 WIB

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB