Sabtu, 2 Safar 1442 H | 19 September 2020

Info

PEKANBARU - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Provinsi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan memaparkan pencegahan Covid 19 di kantor atau di tempat kerja, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin (24/08/20).

"Ada tiga hal upaya yang perlu diperhatikan yaitu terhadap preventif (pencegahan), deteksi dan respon terhadap Covid 19 di lingkungan tempat kerja," katanya.

Upaya preventif dilingkungan tempat kerja atau di kantor yang perlu diperhatikan, ia mengatakan yaitu menerapkan wajib pemakaian masker di lingkungan kerja, melakukan menjaga jarak antar pegawai dan mencuci tangan menggunakan sabun.

"Tempat cuci tangan harus disediakan di lingkungan kerja, sesuaikan jumlah pegawai jika banyak sediakan wadah cuci tangan lebih dari satu," ungkapnya.

Selanjutnya deteksi Covid-19 di lingkungan kerja seperti mendeteksi pegawai yang demam, batuk atau pilek, mendeteksi pegawai yang berkontak erat pasien terkonfirmasi Covid 19, pegawai yang melakukan perjalanan dinas luar kota (zona merah), mendeteksi pegawai yang memiliki penyakit kronis.

"Deteksi ini dilakukan jika ada pegawai yang sakit untuk disuruh pulang dulu, ataupun mungkin ada pegawai yang memiliki kontak erat untuk bisa melakukan isolasi mandiri," tuturnya.

Ia menambahkan terkait respon terhadap Covid-19 di lingkungan kerja, yaitu menindaklanjuti terhadap semua temuan terhadap pegawai yang sakit ataupun pegawai yang telah melakukan perjalanan dinas luar kota (zona merah) dapat bekerja dari rumah ataupun melakukan isolasi mandiri. (MCR/DW)

Video

Gubernur Riau Hadiri Panen Perdana Kebun Jagung Kelompok Tani Goro SAE Riau

Gubernur Corner (12 September 2020)

Gubernur Riau Meninjau Penempatan Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Berita Terkait