Sabtu, 2 Safar 1442 H | 19 September 2020

Info

KAMPAR - Mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) bersama Tim Pengabdian Masyarakat Desa Binaan (Abdimas) Unri 2020 dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Anjuongan Mato menggelar kegiatan pojok sarapan pagi untuk memperkenalkan produk maupun kuliner khas Desa Kuok, Kabupaten Kampar, Riau.

Ketua Tim Abdimas Desa Binaan Unri, Dr Ir Anthony Hamzah, MP, mengatakan, bahwa beberapa produk yang dikenalkan oleh timnya ini, diantaranya seperti Bodhak Baghondham, produk diversifikasi olahan buah jeruk, kreasi produk ubi lumer olahan mahasiswa dan produk-produk dari UMKM Ummi.

Yang mana, produk-produk diversifikasi buah jeruk Kuok yang diproduksi oleh mahasiswa Unri bersama Pokdarwis ini telah diproduksi menjadi suatu produk hasil olahan dengan nilai jual yang lebih tinggi.

Kedepannya, diversifikasi produk buah jeruk ini pun diharapkan dapat menjadi contoh usaha bagi masyarakat Dusun Pulau Belimbing. Agar nantinya Dusun Pulau Belimbing, Desa Kuok, memiliki suatu produk olahan buah jeruk yang khas dan dapat dijadikan buah tangan wisatawan ketika berkunjung ke dusun tersebut.

"Saya berharap kegiatan pojok sarapan pagi seperti ini dapat berlangsung setiap minggunya untuk memperkenalkan produk-produk kuliner yang ada di Kampar. Kegiatan ini sekaligus untuk mendorong program Agroekowisata Desa Binaan Unri," kata Anthony.

Di tempat yang sama, Penggiat Pokdarwis, Syamsurizal mengatakan, bahwa kegiatan bersama tim Abdimas Unri ini membangkitkan semangat sadar wisata masyarakat di desa tersebut.

"Desa Kuok ini menyimpan beragam potensi kuliner yang belum dikembangkan dan dikenallan ke masyarakat luas. Ini menjadi motivasi kita untuk mengembangkan kuliner tersebut," kata Syamsurizal.

Untuk diketahui, kegiatan pojok sarapan pagi ini merupakan bagian dari program Abdimas Unri 2020 dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL), Yunandra SP, MSi. Kegiatan ini sendiri berlangsung di Gazebo tepi sungai Kampar, Dusun Pulau Belimbing, Desa Kuok, Kecamatan Kuok, pada Minggu (16/08/2020) lalu. (MCR/PR)

Video

Gubernur Riau Hadiri Panen Perdana Kebun Jagung Kelompok Tani Goro SAE Riau

Gubernur Corner (12 September 2020)

Gubernur Riau Meninjau Penempatan Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Berita Terkait