Sabtu, 2 Safar 1442 H | 19 September 2020

Info

PEKANBARU - Ratusan warga yang sebagian besar adalah para pengangguran dan warga yang terimbas covid-19 mulai ikut program pekerjaan sementara dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Riau Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum RI yang dilaksanakan di Kabupaten Siak. 

Kegiatan padat karya tunai yang merupakan bagian dari program bagian Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membantu masyarakat yang terdampak selama masa pandemi itu, mendapat apresiasi dari warga. 

"Tentunya kita sangat terbantu dengan kegiatan ini. Karena selama pandemi corona ini tidak ada yang bisa kami kerjakan. Kami sudah menanggur cukup lama, inilah salah satu harapan kami untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata salah seorang warga Lubuk Dalam Siak, Azaruddin yang ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut, Jumat (28/8/20).

Menurutnya, program yang sudah dimulai sejak beberapa hari lalu itu sudah mulai dirasakan warga imbas positifnya. Ini terlihat dengan ribuan warga Provinsi Riau yang mulai berpartisipasi dalam program revitalisasi drainase yang diharapkan dapat bersentuhan langsung dengan warga yang terimbas covid-19.

Sementara Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Riau Ir T Yuliansyah MT mengatakan, hal ini menjadi program nyata untuk membantu masyarakat yang saat ini sedang kesusahan karena pandemi covid-19. 

Dalam implementasinya, kegiatan revitalisasi drainase dikerjakan dengan melibatkan masyarakat secara langsung dengan sistem padat karya. 

“Seperti yang sudah kita informasikan, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kita rancang untuk membantu masyarakat selama pandemi ini. Seperti yang kita lihat di Siak ini antusiasme sangat tinggi, begitu juga di daerah lainnya,” paparnya didampingi Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan nasional wilayah II, Rahmad Parulian ST MP.

Tingginya animo masyarakat menbuktikan masyarakat sangat memerlukan bantuan program PEN di masa sulit saat corona melanda negeri ini. Pihaknya juga masih membuka peluang kepada masyarakat untuk berpartisipasi sesuai target 80 ribu warga yang terimbas covid-19 tersentuh dengan program padat karya tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Irving Kahar Arifin memberikan apresiasi atas langkah proaktif Kementerian Pekerjaan Umum. Hal ini sesuai dengan semangat awalnya untuk membantu masyarakat dari sisi perekonomian yang saat ini terkendala karena imbas covid-19.

Seperti diinformasikan sebelumnya program PEN diprioritaskan untuk membantu masyarakat selama pandemi covid-19 tersebar di delapan wilayah kerja di Riau. 80 Ribu warga tersebut berpeluang mendapat Rp125 ribu perhari selama dua bulan.(MC Riau/mtr)

Video

Gubernur Riau Hadiri Panen Perdana Kebun Jagung Kelompok Tani Goro SAE Riau

Gubernur Corner (12 September 2020)

Gubernur Riau Meninjau Penempatan Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Berita Terkait