Kamis, 6 Rabiul Awwal 1442 H | 22 Oktober 2020

Info

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggesa pembentukan Satgas Internal Kantor. Satgas ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat kerja. Apalagi saat ini sudah muncul kluster kantor di lingkungan Pemprov Riau. 

Asisten III Setdaprov Riau, Syahrial Abdi, Jumat (28/8/2020) mengingatkan agar seluruh pegawai dan karyawan yang bekerja di kantor displin dalam menjalankan protokol kesehatan. Pegawai dan karyawan wajib menggunakan masker masker saat berada di tempat kerja. Jika tidak, kepala pimpinan kantor bisa memberikan saksi kepada pegawai atau karyawan tersebut.

Melihat ancaman penyebaran Covid-19 melalui kluster kantor ini, Pemprov Riau akan mengumpulkan seluruh sekretaris OPD. Agendanya adalah mempercepat pembentukan satgas internal kantor dan penetapan SOP pencegahan Covid-19 di lingkungan kantor.

"Dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan semua sekretaris OPD di lingkungan Pemprov Riau. Nanti pertemuanya akan dilaksanakan melalui Daring saja, pakai Video Comprerence. Ada pengarahan dari ahli epidemiologi kepada seluruh sekretaris OPD menyikapi munculnya kluster kantor ini dan pembentukan satgas internal kantor," kata Syahrial Abdi. 

Sejauh ini Pemprov Riau sudah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk percepatan penanganan Covid-19 di lingkungan Kantor. Mulai dari pencegahan, pengendalian hingga ke tindakan penanganan jika ditemukan ada pegawai yang positif Covid-19.

"Kemudian untuk penerapan work from home kepala OPD kami minta harus cermat dalam menerapkan kebijakan itu, harus ada pembagian jumlah pegawai yang berkeja dari rumah. Dengan memperhatikan produktifitas dan capaian kerja OPD. Jadi WFH itu tidak bisa sembarangan, harus tetap produktif, meskipun bekerja harus rumah, laporan kinerja harian harus tetap disampaikan," katanya.

Syahrial merincikan, untuk pencegahan penyebaran Covid-19, seluruh OPD harus menyediakan tempat cuci tangan di masing-masing kantornya. Kemudian alat pengukur suhu tubuh, dan memastikan ruang kantor sirkulasi udaranya bagus dan mengatur jarak tempat duduk antara satu pegawai dengan pegawai yang lain. 

"Yang paling penting Kepala OPD harus memastikan seluruh pegawainya menggunakan masker," ujarnya.  (MCR/SA)

Video

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2020

Upacara Peringatan HUT ke 75 TNI Secara Virtual

Berita Terkait

56 Qari dan Qariah Riau Jalani TC MTQ Nasional

Senin, 19 Oktober 2020 | 22:14:03 WIB

Diterima Gubri, Apkasindo Bantu 50 Ribu Lembar Masker

Senin, 19 Oktober 2020 | 20:34:21 WIB

Pemprov Riau Kembali Terima 100 Ribu Masker dari PT RAPP

Senin, 19 Oktober 2020 | 16:43:00 WIB