Ahad, 17 Rajab 1442 H | 28 Februari 2021
Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekdaprov Riau, Agus Salim

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memastikan pengadaan barang untuk kebutuhan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) seperti masker, handsanitizer dan Alat Pelindung Diri (APD) yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah memenuhi prosedur.

Hal itu ditegaskan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau, Agusalim kepada, Jumat (28/8/2020) di Pekanbaru.  

"Pantauan kami sejauh ini OPD Pemprov Riau telah mengikuti prosedur pengadaan barang khusus yang kita berikan," kata Agusalim.

Pengadaan khusus yang dimaksud Agusalim, yakni yang sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018. Dimana ada terdapat dua mekanisme pengadaan. Pertama pengadaan normal dan kedua pengadaan khusus.

"Kalau pengadaan khusus ini bisa dilakukan di masa darurat. Artinya anggaran yang digunakan untuk keadaan darurat, maka menggunakan mekanisme pengadaan khusus. Dengan mekanisme ini pengadaannya cukup pendek. Jadi tidak sama dengan pengadaan normal," jelasnya.

"Jadi kalau pengadaan barang khusus itu PA hanya membuat kebutuhan barang, dan nanti PPK memesan barang. Sedangkan untuk masalah harga barang, ada disertakan dokumen standar harga dari penyedia barang. Dokumen itu menyatakan barang itu merupakan harga wajar," sambungnya.

Karena itu, lanjut Agusalim, jika nantinya hasil audit terdapat temuan harga tidak wajar. Maka yang bertanggung jawab bukan PA atau PPK, tapi penyedia barang.

"Artinya itu sepenuhnya tanggung jawab penyedia. Karena PA dan PPK tidak bisa berpikir panjang mencari barang sesuai standar kalau dalam keadaan darurat. Makanya penyedia diminta menyiapkan dokumen kewajaran harga," 
terangnya.

Kemudian, sebut Agusalim, saat nanti akan dilakukan pembayaran barang sesuai pesanan, terlebih dulu dilakukan review oleh APIP Inspektorat.

"Nanti APIP yang menilai harga itu wajar atau tidak. Bahkan sebagian OPD yang melakukan pengadaan barang di masa darurat pandemi Covid-19 sudah ada yang direview oleh APIP Inspektorat Riau," tutupnya. (MCR/amn). 

Video

Terimakasih Pemerintah Provinsi Riau (Bapak.Gubernur Riau :Drs.H.Syamsuar,M.Si)

Pisah Sambut Dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau

Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2021

Berita Terkait

Gubri Buka Rembug Paripurna KTNA Provinsi Riau

Ahad, 28 Februari 2021 | 14:53:14 WIB

Ini Pesan Plh Sekdaprov Riau dalam HUT Pertama DMDI Riau

Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:24:38 WIB

1 Maret Vaksin Covid-19 Tahap Kedua Mulai Dilakukan di Riau

Jumat, 26 Februari 2021 | 21:01:11 WIB

Pasien Sembuh Tambah 69 Orang Jadi 29.431

Jumat, 26 Februari 2021 | 20:43:09 WIB