Ahad, 14 Rabiul Akhir 1442 H | 29 November 2020
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Sekretaris Satgas Covid-19 Riau Syahrial Abdi menyebutkan munculnya istilah klaster perkantoran Covid-19 saat ini merupakan sebab bahwa Pemerintah Provinsi Riau saat ini melakukan swab secara masif, Minggu (30/08/2020).

"Beberapa waktu yang lalu kita terus melakukan capaian cakupan dari target tes swab sebagaimana yang diamanatkan bahwa Pemprov harus melakukan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan 3T (testing, tracing, and treatment)," sebutnya.

Lanjutnya, dari hasil laporan perkembangan Konfirmasi Covid-19 terdapat lebih kurang dari 50 persen ialah orang-orang yang kemudian reaktif dan positif teridentifikasi sebagai klaster perkantoran yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Oleh karena itu, Gubernur Riau telah mengambil langkah dan memerintahkan kepada Tim Satgas Covid-19 Riau dan seluruh kepala Operasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Riau untuk disamping tindakan kolektif, kemudian masing-masing harus punya tanggung jawab pencegahan pandemi Covid-19 di kantor masing-masing," ungkapnya.

Syahrial mengatakan, bahwa per 28 Agustus 2020 lalu, Gubri telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Standart Operasional Prosedur Sistem Kerja Pada Masa Adapatasi Kebiasaan Baru Dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

"Tentunya, ini harus kita sinergikan juga dengan lingkungan Pemerintah Kabupatan/Kota se Riau. Serta, seluruh perkantoran baik pemerintah maupun lingkungan swasta yang beroperasi di Riau," katanya. 

Kemudian, Khusus lingkungan Pemprov Riau yang menjadi penanggung jawab untuk pelaksanaan Surat Edaran ini adalah seluruh Sekretaris atau Kabag TU pada masing-masing OPD sebagai Kepala Satgas Internal di OPD masing-masing.

"Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan terkait untuk pencegahan, pengendalian dan penanganan Covid-19. Tentunya, menerapkan SOP sebagaimana Surat Edaran tersebut," tutup Syahrial. (MCR/AQB)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlet Nasional Direview Total

Kamis, 10 September 2020 | 00:44:11 WIB

Gubri Saksikan Haornas ke 37 Secara Virtual

Kamis, 10 September 2020 | 00:19:31 WIB