Ahad, 7 Ramadhan 1442 H | 18 April 2021
Mutasi JPT Nasional Proses Penting Akselerasi Peningkatan Kinerja Instansi Pemerintah

PEKANBARU - Deputi Bidang Kajian & Inovasi Manajamen Aparatur Sipil Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Agus Sudrajat menyebutkan bahwa mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) nasional merupakan proses penting dalam akselerasi peningkatan kinerja instansi pemerintah.

"Hal ini melalui mekanisme pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) oleh talenta terbaik," ucapnya saat jadi narasumber dalam forum kebijakan mutasi JPT nasional secara virtual ditaja oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI, Selasa (01/09/20).

Sebutnya, mutasi JPT nasional adalah penugasan khusus Presiden  kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menduduki jabatan pimpinan  tinggi (JPT) Pratama, Madya dan Utama untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan secara nasional.

"Mutasi JPT nasional ini juga diarahkan sebagai pola karier istimewa bagi ASN dalam mendorong pencapaian percepatan pembangunan nasional," ujarnya.

Agus mengatakan sebagai bagian dalam memotivasi JPT talenta terbaik yang menduduki JPT melalui mekanisme mutasi JPT nasional maka akan diberikan penghargaan khusus.

Selanjutnya, kompetensi inti dalam mutasi JPT nasional berdasarkan kompetensi ASN meliputi kompetensi teknis, kompetisi manajerial, kompetisi sosial kultural tertera pada undang-undang (UU) nomor 5 tahun 2014 dan kompetensi pemerintahan yang tertera pada UU nomor 23 tahun 2014.

Lebih lanjut, Kompetensi ini berdasarkan standar kompetensi jabatan diantaranya standar kompetensi JPT (Pratama, Madya dan Utama), standar kompetensi jabatan administrasi (administrator, pengawas dan pelaksana) dan standar kompetensi jabatan fungsional.

"Mutasi JPT dilakukan dengan mempertimbangkan level kualitas kompetensi pemangku JPT melalui manajemen talenta," pungkasnya. (MCR/DW)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Mudik di Masa Pandemi, Risikonya Tinggi

Ahad, 11 April 2021 | 16:55:08 WIB

Gubri Tinjau Asrama Mahasiswa Riau di Bogor

Ahad, 04 April 2021 | 18:13:58 WIB

Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Akan Jadi Sejarah

Senin, 22 Maret 2021 | 15:37:19 WIB

Riau Terima Penghargaan di Bidang Kebudayaan

Senin, 15 Maret 2021 | 17:51:34 WIB