Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021
Hadiri Pelantikan Pengurus Ikadi Provinsi Riau, Yan Prana Jaya: Dai Sebagai Tangkal Dampak Negatif Arus Globalisasi

PEKANBARU - Mewakili Gubernur Riau, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya didampingi Kepala Biro (Karo) Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau, Zulkifli Syukur menghadiri acara pelantikkan pengurus wilayah Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Provinsi Riau Periode 2020-2025 di Hotel Grand Zuri Pekanbaru, Sabtu (05/09/2020).

Dalam sambutannya, Yan Prana menyampaikan bahwa pelantikan pengurus Ikadi Provinsi Riau merupakan cara regenarasi dan kaderisasi pimpinan sebuah organisasi dan tentunya patut di apresiasi sehingga menjadi semangat agar lebih berkembang di masyarakat.

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat mengapresiasi keberadaan para dai yang selama ini ikut serta dalam membangun negeri ini, melalui nasehat-nasehat lisan yang disampaikan kepada masyarakat," kata Yan Prana Jaya.

Lanjutnya, Para dai juga cahaya penerang, penyambung lidah, penyampai atau pembawa ilmu, dai juga memiliki peran penting dalam menangkal berbagai dampak negatif arus globalisasi yang membuat kehidupan ini seakan tanpa batas.

"Dai juga memiliki peran yang sangat besar dalam perjalanan bangsa terutama perubahan masyarakat, bahkan nyaris tidak ada satupun perubahan masyarakat didunia ini yang tidak melibatkan para dai sebagai ulama," terangnya.

Tambahnya, ulama adalah orang pertama yang memberikan kesadaran dini kepada masyarakat sehingga masyarakat secara kolektif melakukan perubahan, sehingga ditengah perkembangan dampak globalisasi sangat besar tantangannya yang dihadapi para dai.

"Untuk itu diperlukan daya upaya serta kesungguhan yang optimal untuk melaksanakannya," ujarnya.

Ia berharap Ikadi Provinsi Riau dapat bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 daerah dai yang dikirim ke desa agar diperiksa kesehatannya atau dilakukan test swab agar tidak terjadi penularan Covid-19 di desa. (MCR/SEM)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Begini Cara Perpanjang SIM Online Melalui Aplikasi SINAR

Selasa, 13 April 2021 | 21:15:43 WIB

Wagubri Hadiri Lauching Aplikasi SINAR Secara Virtual

Selasa, 13 April 2021 | 17:50:43 WIB

Inilah Lokasi Tiga Kantor Samsat Baru di Riau

Selasa, 13 April 2021 | 16:09:38 WIB

Alhamdulillah, Harga Sawit Naik Jadi Rp2.358,00 per Kg

Selasa, 13 April 2021 | 15:42:38 WIB

Cegah Kerumunan, Gubri Tak Lakukan Safari Ramadan

Selasa, 13 April 2021 | 11:54:26 WIB

Gubernur Minta Formasi CPNS Riau Ditambah

Senin, 12 April 2021 | 19:43:13 WIB