Sabtu, 6 Ramadhan 1442 H | 17 April 2021
Kasus Covid-19 Tinggi Dari Klaster Keluarga, Instansi Pemerintah dan Swasta
Kepala Dinas Kesehatan Riau, Hj Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU - Kasus pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau, masih terus terjadi peningkatan. Dalam sebulan ini kasus terkonfirmasi positif sudah masuk dalam klaster keluarga dan klaster kantor, baik di instansi pemerintahan maupun di perusahaan swasta. Untuk hari ini, terdapat penambahan 138 kasus positif, pasien sembuh 84 orang, dan meninggal dunia 3 orang. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, penambahan kasus positif di Riau yang mulai masuk klaster keluarga dan juga kantor ini, dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tidak disiplin terhadap protokol kesehatan. Termasuk masih enggannya pasien yang terkonfirmasi positif Orang Tanpa Gejala (OTG), untuk mengisilasi mandiri.

“Yah, sekarang sudah banyak klaster keluarga dan klaster kantor instansi pemerintahan dan swasta. Terutama di Pekanbaru, Siak dan Kampar. Masih banyak masyarakat yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, makanya terpapar terhadap orang yang kontak erat,” jelas Mimi Yuliani Nazir.

“Bagi pasiem yang OTG isolasi mandiri, lebih baik perawatan tidak dirumah, dan tidak menularkan terhadap keluarga. Karena jika isolasi mandiri di lokasi yang telah disiapkan, tidak menularkan kepada keluarga. Selama perawatan di lokasi karantina akan diberikan pengobatan sampai sembuh,” jelas Mimi.

Untuk kasus pasien meninggal dunia yang masih terus meningkat dalam sebulan ini, kata Mimi, disebabkan pasien tersebut ada penyakit bawaan selain covid-19. Dan usia pasien yang meninggal rata-raya diatas 50 tahun. 

“Memang terjadi peningkatan kasus pasien meninggal dunia akibat covid-19 ini. Mereka lama dirawat di rumah sakit, dan ada penyakit bawaan sehingga menyebabkan pasien meninggal dunia. Termasuk usianya juga diatas 50 tahun, ada juga yang dibawah 50 tahun, tapi tak banyak,” jelas Mimi. (MCR/JI). 

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Tim Pansel Komut PT BRK Bahas Persyaratan Calon

Jumat, 16 April 2021 | 14:19:58 WIB

Dewan Ingatkan, THR Karyawan Wajib Bayarkan Penuh

Kamis, 15 April 2021 | 17:26:05 WIB

Pemprov Riau Telah Siapkan Pergub Renaksi Riau Hijau

Kamis, 15 April 2021 | 17:06:36 WIB

Nilai Ekspor Riau Naik 61,71 Persen

Kamis, 15 April 2021 | 16:53:30 WIB

70 Persen Kutipan Zakat di Riau Berasal dari ASN

Kamis, 15 April 2021 | 16:37:22 WIB