Kamis, 7 Safar 1442 H | 24 September 2020

Info

PEKANBARU- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Boby Rahmat menyaksikan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 37 tahun 2020 secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (9/9/20).

Dalam kesempatan itu, juga diikuti secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Pimpinan Lembaga Negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Gubernur se Indonesia.

Presiden Jokowi dalam sambutannya meminta lembaga terkait agar bisa meningkatkan prestasi dalam kemajuan olahraga di tanah air.

Sebab, akibat pandemi Covid-19 banyak kompetisi olahraga yang harus dibatalkan, yang mana itu tentu kurang menguntungkan bagi dunia perolahragaan Indonesia.

"Saya mengajak bapak ibu dan saudara-saudara semuanya serta para insan olahraga untuk secara serius melakukan refleksi, evaluasi diri dan kemudian menyiapkan langkah-langkah besar untuk melakukan lompatan-lompatan besar untuk kemajuan dunia olahraga kita," ajaknya.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, sebut Jokowi sangat tidak masuk akal jika Indonesia kekurangan atle berbakat.

Untuk itu, ia meminta agar lembaga terkait merancang ulang sistem pembinaan atlet secara besar-besaran dan segera melaporkannya.

Ia juga meminta Kemenpora dan stakeholder terkait untuk bisa memanfaatkan teknologi demi menunjang prestasi olahraga di masa mendatang.

"Jadikan olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat kita, masyarakat sehat negara kuat," pesannya.

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali mengatakan Haornas tahun 2020 memiliki tiga tema besar, yakni Sport Science, Sport Tourism dan Sport Industry. 

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kebugaran dan sekaligus mendorong prestasi olahraga dan membangkitkan ekonomi nasional khususnya terkait kegiatan-kegiatan keolahragaan," tuturnya. (MCR/NV)

Video

Pengarahan Gubernur Riau Mengenai Penanganan Covid-19

Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se Provinsi Riau

Gubernur Corner (19 September 2020)

Berita Terkait