Jumat, 14 Rabiul Awwal 1442 H | 30 Oktober 2020

Info

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan beberapa peran penting olahraga dalam kehidupan yakni instrumen penting dalam pendidikan dan meningkatkan produktivitas.

Hal itu diutarakannya saat menghadiri Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 37 tahun 2020 yang juga diikuti oleh Pimpinan Lembaga Negara, para Kabinet Indonesia Maju serta Gubernur se Indonesia yang dilakukan secara virtual, Rabu (9/9/20).

Olahraga sebagai instrumen penting dalam pendidikan kata Jokowi, bukan hanya pendidikan jasmani dan menguatkan fisik saja, tetapi olahraga juga sebagai pendidik karakter. 

"Olahraga membangun karakter disiplin, membangun karakter sportif bahwa menang dan kalah itu biasa, membangun karakter pejuang dan pekerja keras, memperkuat karakter kolaborasi dalam tembok dan bahkan memperkokoh jiwa patriotisme dan nasionalisme," jelasnya.

Lanjutnya, menyinggung olahraga sebagai meningkatkan produktivitas. Ia menyebutkan tidak mungkin produktivitas bisa ditingkatkan tanpa ada kesehatan yang prima.

Untuk itu, Presiden menginginkan olahraga harus menjadi keseharian warga masyarakat di Indonesia.

"Olahraga harus menjadi keseharian masyarkaat, para pegawai dan menjadi keseharian bagi kita semua baik di kantor-kantor pemerintah, perusahaan dan berbagai organisasi lainnya," harapnya.

"Olahraga bukan hanya urusan individu juga bukan hanya urusan Kemenpora tetapi menjadi urusan kita semuanya," lanjut Jokowi.

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa olahraga juga harus didukung oleh infrastruktur yang baik, didukung oleh budaya dan gaya hidup, didukung oleh teknologi dan manajemen yang baik. 

Ia juga mengatakan bahwa pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru juga harus dilakukan, itu bukan hanya untuk pengembangan pusat pelatihan yang berbasis sains tetapi juga pengembangan manajemen baru yang lebih baik.

"Kembangkan sistem informasi dan big data analytics yang bisa mendeteksi calon-calon atlet yang berkualitas,"  tutupnya. (MCR/NV)

Video

Selamat HUT Ikatan Dokter Indonesia Ke-70 Tahun 2020

Selamat HUT Ikatan Dokter Indonesia Ke-70 Tahun 2020

Himbauan Netralitas Pilkada 2020

Berita Terkait

Sumpah Pemuda Bawa Energi Positif Satukan Perbedaan

Rabu, 28 Oktober 2020 | 15:08:37 WIB

BMKG: Waspada Hujan Lebat di Bulan Oktober-November

Rabu, 07 Oktober 2020 | 15:46:13 WIB

Wapres RI: Netralitas Faktor Penentu Kualitas Demokrasi

Rabu, 07 Oktober 2020 | 14:40:45 WIB

Presiden RI: TNI Penjaga Utama Kedaulatan Negara

Senin, 05 Oktober 2020 | 11:50:03 WIB

Camat Daerah Perbatasan Harus Memiliki Kapasitas Lebih

Kamis, 24 September 2020 | 19:46:34 WIB

Hari Maritim Jadi Momentum Tingkatkan Kemaritiman Nasional

Rabu, 23 September 2020 | 18:49:02 WIB