Senin, 12 Jumadil Akhir 1442 H | 25 Januari 2021
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Riau menghadiri Panen Raya di Rohil, Kamis (10/9/2020)

ROHIL - Bersama Gubernur Riau, Komandan Korem (Danrem) 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan hadiri Panen Raya padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rohil. Kamis (10/9).

Dalam sambutannya, Gubri Syamsuar berharap kepada petani agar terus semangat dalam menanam padi. "Lebih semangat lagi menanam padi dan jangan lagi menanam sawit," kata Gubri.

Kemudian Gubri menyampaikan, bahwa pemprov Riau akan berupaya membangun infrastruktur terutama dalam usaha tani. Termasuk juga sarana irigasi, dan pembuatan embung untuk pengairan irigasi di lahan pertanian.

Kemudian di kondisi pandemi ini, Gubri mengimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan. "Gunakan masker, jaga jarak, serta rajin cuci tangan," pesannya.

Sementara, Danrem 031/WB meyakini Kebupaten Rokan Hilir (Rohil) bisa menjadi daerah unggul pertanian padi di provinsi Riau sesuai yang diharapkan pemerintah dalam wacana program ketahanan pangan di daerah. 

"Hal itu juga terbukti jika padi yang ditanam masyarakat ini tanpa menggunakan pupuk organik dan kimia," kata Danrem. 

Tanah di Rohil ini, merupakan lahan rawa tanah beting yang banyak muncul di sepanjang aliran sungai rokan, tapi kesuburannya tidak diragukan. Sehingga kedepan tinggal mengembangkan dan diberikan pembinaan agar lebih baik lagi.

Dijelaskan Danrem, pengelolaan lahan pertanian padi ini  tidak merupakan  kebersamaan TNI, Pemkab Rohil bersama masyarakat dalam program kemanunggalan serta sinergitas yang dibangun bersama Kepala Desa, Babinsa, Petugas PPl dan bersama seluruh kelompok tani dalam pengelolaan lahan pertanian di Rohil. Dimana lahan tersebut dirintis dari kondisi rawa menjadi menjadi lahan pertanian yang produktif yang saat ini telah memberikan penghasilan kepada masyarakat. 

"Yang luar biasa itu, saat ini lahannya sudah mencapai seluas 133 hektare yang menjadi lapangan kerja bagai masyarakat kedepan," ujarnya.

Lebih jauh kata Jenderal bintang satu ini, keberhasilan panen raya padi ini juga merupakan salah satu program mewujudkan program ketahanan pangan yang dikembangkan pemerintah  dalam menghadapi kondisi perekonomian nasional yang masih berupaya bangkit kembali akibat dampak pandemi covid 19. 

"Saya berterima kasih kepada kodim 0321/Rohil yang berhasil mendampingi kelompok tani dalam program ketahanan pangan di Rohil ini. Kita minta terus laksanakan pendampingan sehingga kedepan terus sukses dan menjadi penghasilan tetap bagi masyarakat," ujarnya.

Selain itu, program ketahanan pangan ini juga tidak hanya diselenggarakan di Rohil tapi juga di beberapa kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Riau. Dimana program ini sesuai dengan program yang direncanakan mentri pertahanan di Riau seluas 600 hektare yang sebelumnya juga sudah disediakan oleh pemerintah provinsi Riau. 

"Kedepan, Korem 031/WB beserta Kodim serta jajaran akan terus melaksanakan pembinaan dan pendampingan pertanian dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan kementerian pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan di provinsi Riau," tutup putra asli Riau.(MCR/AZ)

Video

Penyuntikan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Riau

Wakil Gubernur Riau Pimpin Rakor Bahas Rencana Vaksin Covid-19 dan Pengetatan Prokes

Wakil Gubernur Riau Hadiri Rapat Penanganan Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi

Berita Terkait

Gubri Bersama Danrem 031/WB Hadiri Panen Raya Padi di Rohil

Kamis, 10 September 2020 | 20:34:13 WIB

Mahasiswa Unri Buka Pos Penjagaan Covid-19 di Pedesaan Rohil

Sabtu, 05 September 2020 | 10:31:16 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Rohil Jadi 34 Kasus

Selasa, 04 Agustus 2020 | 20:14:23 WIB

Tambah 18 Kasus Positif Covid-19 Rohil Masuk Zona Merah

Senin, 03 Agustus 2020 | 18:27:57 WIB

Pecah Telor, 1 Warga Rokan Hilir Positif Virus Corona

Selasa, 21 Juli 2020 | 20:23:52 WIB

Gubri Harapkan Rokan Hilir Pertahankan Zona Hijau

Selasa, 23 Juni 2020 | 11:17:14 WIB